PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA PT. MASSINDO KARYA PRIMA BANDUNG)

  • Dhea Shintia Gurnita Universitas Langlangbuana
  • Nur Zeina Maya Sari Universitas Langlangbuana
  • Intan Oviantari Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Pada PT. Massindo Karya Prima Bandung.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif.

Variabel bebas pada penelitian ini yaitu budaya organisasi dan pengendalian internal. Untuk variabel terikat pada penelitian ini yaitu kualitas sistem informasi akuntansi. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 35 pada karyawan PT. Massindo Karya Prima Bandung. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji analisis Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji t, di olah secara statistik menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi. (2) Pengendalian Internal berpengaruh terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi.

Published
2020-08-31
How to Cite
Gurnita, D., Sari, N. Z., & Oviantari, I. (2020). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA PT. MASSINDO KARYA PRIMA BANDUNG). SOSIOHUMANITAS, 22(2), 161-170. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i2.1582
Section
Articles