http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/issue/feed Jurnal Pengabdian Tri Bhakti 2022-06-02T04:08:20+02:00 Siti Anah Kunyati sakunyati@unla.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pengabdian Tri Bhakti (JPTB) ditujukan untuk mempublikasikan dan mendesiminasikan pengabdian kepada masyarakat serta kajian para pakar dan praktisi yang berkenaan dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat. Diterbitkan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana setiap bulan Juni dan Desember dengan terbitan pertama bulan Desember 2019.</p> <p>Riwayat penerbitan JPTB secara online:</p> <ol> <li class="show">JPTB Vol. 1 No. 1 Desember 2019 s.d. Vol. 3 No. 2 Desember 2021, diakses melalui URL&nbsp;<a title="JPTB | Jurnal Pengabdian Tri Bhakti" href="http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti">http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti</a>; dan</li> <li class="show">JPTB Vol. 4 No.1 Juni 2022 s.d. sekarang, diakses melalui URL&nbsp;<a title="JPTB | Jurnal Pengabdian Tri Bhakti" href="http://lpm.unla.ac.id/ojs/index.php/tribhakti">http://lpm.unla.ac.id/ojs/index.php/tribhakti</a>.</li> </ol> http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1839 Pelatihan Mengajar Bilangan Pecahan dengan Metode Matematika Gasing Bagi Guru Pendidikan Dasar di Sekolah Muhammadiyah Secabang Cilawu Garut 2022-06-02T04:08:20+02:00 iwan Gunawan iwan_gunawan@unla.ac.id Nano Sukmana iwan_gunawan@unla.ac.id Deasy Rahmawati iwan_gunawan@unla.ac.id Euis Eka Pramiarsih iwan_gunawan@unla.ac.id <p>Tujuan Program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan melatih keterampilan&nbsp; kepada guru-guru Sekolah dasar dan menengah Muhamadiyah di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dalam mengajarkan materi pecahan dengan metode matematika Gasing. Mengajar matematika dengan metode yang menyenangkan merupakan suatu metode yang harus dimiliki oleh seluruh guru matematika yang mengajar pada sekolah dasar dan menengah. Metode matematika Gampang, Asyik dan Menyenangkan (GASING) merupakan salah satu metode yang dapat membuat siswa belajar gampang dan menyenangkan terlebih di sekolah dasar. Metode dalam pengabdian ini adalah pelatihan secara langsung (tatap muka) kepada guru SD dan SMP di ruangan (secara teori) dan dilakukan bimbingan langsung cara mengajarkan bilangan pecahan dengan metode gasing. Berdasarkan hasil pelatihan ini sebagian besar peserta pelatihan dapat mempraktekkan metode matematika gasing dalam mengajarkan bilangan pecahan</p> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1814 Peningkatan Komunikasi Merek dan Pemasaran Digital Bagi UMKM 2022-06-02T04:08:20+02:00 Veny Purba veny.purba@unla.ac.id Firman Alamsyah Taufik Robi veny.purba@unla.ac.id Taufik Sadikin veny.purba@unla.ac.id <p>Merek dan pemasaran merupakan kata-kata yang tidak asing lagi bagi pelaku UMKM. Para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya sudah tentu mempunyai merek yang ingin dikenal banyak orang serta produk yang dipasarkan pun ingin terjual banyak. Hal inilah yang menjadi salah satu tujuan utama dari usaha itu sendiri. Merek yang menarik serta pemasaran yang massif menjadi salah satu senjata dalam mengembangkan usaha melalui internet secara digital. Namun masih banyak para pelaku UMKM yang belum memahami tentang strategi dan proses branding produknya secara digital serta bagaimana hal tersebut berdampak pada pemasaran digital..&nbsp; Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode daring dalam dua sesi kegiatan. Pertama kegiatan pelatihan daring kepada mitra pengabdian. Materi dalam pelatihan daring ini merupakan kolaborasi antara UNLA dan DIKSI. Kedua adalah webinar mengenai digital branding dan marketing yang bekerjasama dengan DIKSI, sebuah NGO yang peduli terhadap perkembangan UMKM. Hasil akhir dari kegiatan ini berdasarkan masukan dari mitra dan juga peserta webinar adalah strategi branding dan marketing merupakan strategi awal yang harus dilakukan dalam kegiatan usaha dan pelatihan seperti ini diharapkan dalam dilaksanakan berkelanjutan dan secara luring.</p> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1838 Pendampingan Pembelajaran Seni Kriya dengan Kreativitas Menggunakan Bahan Bekas 2022-06-02T04:08:20+02:00 Ludi Hermawan ludihermawan74@gmail.com Fugiyar Suherman ging.suherman@gmail.com Inne Setyawisudarini isatyawisudarini@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p><span style="font-size: 11.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Pengabdian ini dilatarbelakangi dengan melihat banyaknya botol plastic bekas yang belum dimanfaatkan dengan baik. Pada dasarnya botol bekas tersebut dapat dimanfaatkan salah satunya dibuat kerajinan dan keterampilan atau dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seni disekolah. Melihat belum optimalnya dalam pemanfaatan bahan bekas untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Jika melihat fenomena yang ada menganai bahan-bahan bekas yang ada disekitar lingkungan salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan botol plastic dibuat kerajinan seni dapat berupa pot atau hiasan ruangan sekolah, dapat digunakan juga sebagai media atau alat dalam pembelajaran seni di sekolah. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah, untuk melakukan pendampingan mengenai kerajinan seni kriya dengan menggunakan bahan bekas kepada guru Sekolah Dasar Negeri Buah Batu Baru 163 Kota Bandung. Metode pelaksanaan dilakukan Survei potensi sekolah untuk menggali dan mengidentifikasi potensi-potensi yang dimiliki sekolah mitra, sehingga dapat ditentukan jenis program kegiatan yang tepat untuk dikembangkan, Sosialisasi kegiatan dilakukan oleh tim PkM dengan pihak mitra dengan tujuan untuk mengomunikasikan kegiatan yang direncanakan kepada guru-guru melalui kepala seolah untuk memperoleh persetujuan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan praktik secara langsung. Para guru dilakukan pendampingan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dalam praktik pembuatan seni kriya dari bahan bekas botol plastic. Hasil dan implikasi dari kegiatan pengabdian agar para guru mampu membuat kerajinan seni kriya dari bahan bekas dijadikan sebagai pot dan hiasan ruangan serta dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran seni. </span></p> </div> </div> </div> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1820 Pendampingan Literasi Finansial untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar 2022-06-02T04:08:20+02:00 Ria Herdhiana riaherdhiana14@gmail.com Rita Zahara Ritazahara3110@gmail.com Nuri Annisa nuriannisaupi@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p><span style="font-size: 11.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Literasi keuangan merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Timbulnya masalah keuangan bukan hanya karena pendapatan rendah semata, tetapi bisa terjadi karena kesalahan dalam pengelolaan keuangan (miss management). Pendidikan literasi keuangan sebaiknya diberikan pada anak pra sekolah dan Sekolah Dasar, yang akan membiasakan anak- anak mampu mengelola keuangan dengan baik baik dan benar dimasa yang akan datang. permasalahan yang dikemukakan di atas, beberapa solusi permasalahan yang telah dilakukan pada pengabdian ini adalah dengan (1) Membuat Modul literasi keuangan untuk peserta didik sekolah dasar, (2) Menyiapkan video pembelajaran pengelolaan keuangan, (3) Memberikan Pendampingan edukasi literasi keuangan kepada guru kelas di sekolah dasar, dan (4) melakukan evaluasi pemahaman literasi keuangan pada peserta didik sekolah dasar. Luaran dari pengabdian ini adalah (1) tersedianya bahan ajar cetak dan non cetak berupa modul yang biasa digunakan oleh guru kelas dalam memberikan pemahaman kepada peserta didiknya tentang literasi keuangan, (2) Video pembelajaran pengelolaan keuangan bagi peserta didik sekolah dasar yang bisa ditayangkan sebagai media pembelajaran, (3) Hasil evaluasi literasi keuangan yang dapat mengukur keberhasilan pemahaman literasi keuangan peserta didik sekolah dasar, dan (4) terbangunnya kerja sama yang baik antara lembaga perguruan tinggi dengan sekolah dasar. Di samping itu luaran pada pengabdian ini adalah publikasi jurnal nasional terakreditasi. </span></p> </div> </div> </div> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1772 Pemberdayaan Kader Rereongan Sarupi di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung 2022-06-02T04:08:20+02:00 Ika Sri Hastuti ika.srihastuti@unpas.ac.id Umi Hani umi.hani@unpas.ac.id Erti Dinihayati erti.dinihayati@unpas.ac.id <p>Réréongan Sarupi merupakan kegiatan Ethnic Philantrophy yaitu potensi kedermawanan berbasiskan nilai-nilai budaya atau tradisi etnik tertentu misalnya di Jawa Barat béas pérélék&nbsp; dan Réréongan Sarupi. Filantropi etnik ini tumbuh dari kesadaran masyarakat akan pentingnya solidaritas sosial atau kesetiawakanan sosial antar sesama warga desa. Gerakan Réréongan Sarupi, yaitu gotong royong masyarakat dengan mengumpulkan uang sebanyak Rp.1000/hari. Berasal dari kata Réréongan artinya bersama atau patungan dan Sarupi, artinya “sejenis” jadi pengertian dari Réréongan Sarupi&nbsp; adalah patungan bersama dengan benda sejenis misalnya uang atau pangan (beras). Di Jawa Barat dan sama halnya dengan di daerah lain jiwa saling membantu sesame atau gotong royong dilakukan oleh masyarakat dengan nama yang berbeda seperti Beras Jimpitan, Béas Pérélék, Sikaroban (Sulawesi) dan banyak lagi.&nbsp; Desa Warnasari memiliki kader Réréongan Sarupi yang dikelola Rukun Warga yang jumlahnya 18 Rukun Warga. Sama halnya dengan desa-desa di wilayah Jawa Barat, kegiatan filantropi etnis yang masih berjalan adalah Béas Pérélék, yaitu mengumpulkan satu cangkir besar per umpi/keluarga untuk keperluan masyarakat seperti membantu bila ada musibah kelahiran, kematian dan dikelola oleh kepala dusun. Sedangkan program Réréongan Sarupi, yaitu pengumpulan dana oleh masyarakat secara swadaya berupa uang untuk keperluan dana kedaruratan misalnya&nbsp; untuk keperluan warga yang sakit harus di rujuk ke rumah sakit tingkat I dan warga yang terkena musibah lainnya. Permasalahannya adalah sebagian besar program ini tidak berjalan dengan baik dan cenderung mandek. Metode pendekatan yang dilakukan adalah penyuluhan dan curah pendapat antara ketua RW sebagai pengelola Réréongan Sarupi, menghasilkan kesadaran akan perlunya solidaritas dan tanggung jawab kader dalam menjalankan tugasnya untuk membangun kesetiawakanan sosial warga desa.</p> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1816 Sosialisasi dan Edukasi Protokol Kesehatan Covid-19 Berbasis Masyarakat 2022-06-02T04:08:20+02:00 Ruhanda Ruhanda ruhanda@unla.ac.id Fitriana Sidikah Rachman fitrisidikah@unla.ac.id Sriwati Sriwati hj.sriwati@unla.ac.id <p>The government has declared the Covid-19 pandemic a national disaster. Since then, various regulations related to preventing the spread of Covid-19 have been issued. The government's policy must be followed by the whole community. Policy socialization can be adopted more quickly with community participation. First, by participating in implementing the policy and second, participating in disseminating the policy. PMI as a national humanitarian institution also plays a role. Through PMI's SIBAT Team, government policies can be disseminated to the public. The Abdimas team then helped train the SIBAT team in order to increase their capacity and assist in the implementation of community-based outreach programs.</p> <table> <tbody> <tr> <td width="96"> <p><strong>Keywords:</strong></p> </td> <td width="470"> <p>Capacity, Socialization, Health Protocol, SIBAT PMI</p> </td> </tr> </tbody> </table> <p>Pandemi Covid-19 dinyatakan pemerintah sebagai bencana nasional. Sejak itu berbagai peraturan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dikeluarkan. Kebijakan pemerintah tersebut harus diikuti oleh seluruh masyarakat. Sosialiasi kebijakan bisa lebih cepat teradopsi dengan adanya partisipasi masyarakat. Pertama, dengan ikut melaksanakan kebijakan dan kedua, ikut mensosialisasikan kebijakan. PMI sebagai lembaga kemanusiaan nasional turut berperan. Melalui Tim SIBAT PMI, kebijakan pemerintah dapat disosialisasikan kepada masyarakat. Tim Abdimas kemudian membantu melatih tim SIBAT agar dapat meningkatkan kapasitasnya dan pendampingan pelaksanaan program sosialisasi berbasis masyarakat.</p> <table> <tbody> <tr> <td width="96"> <p><strong>Kata kunci:</strong></p> </td> <td width="470"> <p>Kapasitas, Sosialisasi, Protokol Kesehatan, SIBAT PMI</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1823 Digital Forensik dalam Upaya Mengedukasi Masyarakat Berperilaku Sehat di Media Sosial 2022-06-02T04:08:20+02:00 Bella Annantha Sritumini bella.anna645@gmail.com Aisyah Nuraini aisyahnuraini20@gmail.com <p><em>Social Media has an important role during the Covid-19 pandemic, namely by facilitating new forms of social interaction, dialogue, information exchange and collaboration. It enables all users and organizations in the world to exchange ideas, post comments, and participate in activities and events and share their wider interests. At the same time, such a phenomenon has led to a significant increase in criminal activity by perpetrators who are increasingly sophisticated in their attempts to use technology to evade detection. </em><em>In Indonesia, the trend of cyber crime is increasing with various types of crime. Many people take irresponsible actions through social media and can avoid punishment because these actions are carried out in cyberspace, while people are affected by direct material and moral losses. This is certainly unfair, so it is necessary to educate the public on healthy behavior using social media and acting wisely. If a crime is committed, an investigation of digital evidence can be carried out so that it can be sued in accordance with the applicable ITE law By promoting healthy behavior on social media and explaining the steps of digital investigations to the public, it is hoped that it can suppress crime in cyberspace and obtain optimal benefits from social media. The planned activities include (1) preparation of the required resources in the PKM. (2) Implementing a program with a training model between the PKM team from UNLA and the community (3). In the training on healthy behavior on social media, the last one is (4) evaluation and reporting of activities.</em></p> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1856 Peranan Komite Sekolah dalam Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah 2022-06-02T04:08:20+02:00 Soni Gunawan Somali Sogunsomali66@yahoo.co.id Slamet Parsono dudi.yudha@yahoo.com Dudi Yudhakusuma dudi.yudha@yahoo.com <p><em>The school committee is an independent institution that is formed and plays a role in improving the quality of services by providing consideration, direction and support for personnel, facilities and infrastructure, as well as education supervision at the education/school unit level. The purpose of the establishment of the school committee is to accommodate the participation of stakeholders/parents/community to participate in school management operations in accordance with their roles and functions, with regard to planning, implementing and evaluating school programs in a proportional manner, so that school committees can improve transparent education management. and accountable. The purpose of establishing the school committee is also intended to have a school community organization that has commitment and loyalty and cares about improving the quality of schools. The successful implementation of education is not only the responsibility of the central government, but also local governments (provinces, districts and cities), schools, parents, and the community or education stakeholders. The existence of school committees in education/school units will work effectively if there is an understanding of school committee administrators and school principals on the duties and roles of school committees as well as active participation of school committees in implementing school activity programs.</em></p> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1841 Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Microsoft dan Camtasia Bagi Guru MTs. 2022-06-02T04:08:20+02:00 Agung Cahya Gumilarr acgumilar2@gmail.com Eri Subekti eri.subekti@unla.ac.id Moch Rasyid Ridha rasyidridha48@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p><span style="font-size: 11.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Sistem informasi, komunikasi, dan kemajuan teknologi pada revolusi industri 4.0 berkembang dengan pesat di semua bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia tentu harus peka dan proaktif terhadap segala perubahan yang akan terjadi khususnya dalah hal teknologi. Di revolusi industri 4.0 ini, persaingan sangat ketat dan hanya manusia unggul yang akan mampu beradaptasi dengan segala perubahan saat ini. Sekolah merupakan salah satu tempat dimana terjadi proses edukasi sekaligus penggunaan sistem informasi dan teknologi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 ini. Salah satu implementasinya adalah penggunaan perangkat teknologi dalam proses pembelajaran di kelas. Penggunaan perangkat teknologi informasi dan komputer seperti Microsoft Office dan Camtasia dalam kegiatan belajar dan mengajar menjadi sebuah keharusan agar peserta didik mampu menyerap informasi dengan maksimal dan juga meningkatkan pengalaman belajar dan kreativitas mereka. Penggunaan Microsoft Office dan Camtasia semakin meningkat dengan adanya wabah Covid-19 sejak awal tahun 2020 di Indonesia. Kondisi seperti ini mengharuskan proses pembelajaran dilakukan secara daring (online). Dalam melaksanakan pembelajaran online, guru diharapkan dapat membuat suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Mengingat fakta di lapangan yang membuktikan bahwa kebanyakan siswa merasa bosan ketika mengikuti pembelajaran online, dibutuhkan usaha ekstra dari para guru untuk mengembangkan proses pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dimengerti oleh siswa. Madrasah Tsanawiyah Cahaya Harapan merupakan sekolah swasta di daerah Padalarang yang terus berkembang dengan pendanaan untuk pengembangan infrastruktur maupun sumber daya manusia yang sangat bergantung dari masyarakat, khususnya dari siswa. Karena itu, sekolah ini membutuhkan dorongan dan bantuan dalam upaya meningkatkan kinerja para SDM, terutama guru, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas dalam menjawab tantangan di era revolusi indutri 4.0 ini. Adapun target luaran kegiatan pendampingan bahan ajar berbasis Microsoft Office dan Camtasia ini adalah produk berupa dokumen yang menunjukkan bahwa guru-guru sudah dapat membuat bahan ajar berbasis Microsoft Office dan Camtasia, modul pembelajaran serta publikasi berupa artikel jurnal pada jurnal bereputasi ISSN. </span></p> </div> </div> </div> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1738 Peningkatan Penghasilan dan Pelayanan Prima Melalui Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Pengemudi Online 2022-06-02T04:08:20+02:00 Davidescu Cristiana Victoria Marta d.cristiana.victoria@gmail.com Sutiadi Rahmansyah traveler14@gmail.com Taufik Sadikin pixdanishridho@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p><span style="font-size: 11.000000pt; font-family: 'TimesNewRomanPS'; font-style: italic;">Kemampuan berbahasa asing tidak hanya menjadi syarat untuk pegawai perusahaan multi- nasional tapi juga pengemudi transportasi online. Contohnya, Gojek yang sekarang ini tengah menggalakkan mahir berbahasa Inggris ke mitra pengemudi. Tim pengabdi Universitas Langlangbuana merancang sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bahasa Inggris bagi para pengemudi online.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini bertujuan agar meningkatkan penghasilan dan pelayanan prima para pengemudi online melalui pengusaan bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan yang dirancang oleh tim pengabdi Universitas Langlangbuana disambut baik dan entusias oleh koordinator pengemudi online dan juga oleh perwakilan pengemudi. Berdasarkan pengamatan dan juga setelah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk para pengemudi online, dapat ditarik simpulan bahwa: telah para pengemudi online telah memahami materi yang telah diberikan dan merasa bahwa pelatihan ini bermanfaat untuk mereka; dan para pengemudi online mendapat buku saku yang dapat mereka gunakan ketika diperlukan </span></p> </div> </div> </div> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti/article/view/1806 Mempersiapkan Masyarakat Desa Rancamanyar Menuju Industri 4.0 2022-06-02T04:08:20+02:00 Dani Ramdani dani.ramdani08@gmail.com <p><em>Empat puluh dua mahasiswa Universitas Langlabuana mengikuti program </em><em>Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) tahun akademik 2021/2022 yang dilaksanakan di Desa Rancamanyar dari tanggal 12 Agustus hingga 11 September 2021. &nbsp; Keadaan desa Rancamanyar yang merupakan desa terpadat secara nasional, dengan kultur yang beragam, pendapatan dan penghasilan dari usaha yang beragam serta pemerintahan desa dalam transisi kepemimpinan kepala desa; dihadapkan pada situasi pandemi yang berkepanjangan. Dampaknya yang dirasakan masyarakat di desa rancamanyar : pendapatan dan penghasilan secara rata-rata berkurang, pemilihan kepala desa terkatung-katung karena pemerintahan kabupaten Bandung belum mengizinkan, kemudian kenakalan remaja berpotensi menaik karena aktifitas sekolah dengan tatap muka masih belum berjalan. Memperhatikan hal tersebut program kerja KKNM mahasiswa &nbsp; UNLA di desa Rancamanyar antara lain : Pendampingan kepada karang taruna untuk membuka peluang bisnis industri kreatif melalui marketing digital, memberi bantuan tenaga mahasiswa untuk menyukseskan vaksinasi dalam mendukung terselenggaranya PILKADES dalam waktu dekat, Memberikan penyuluhan tentang kesadaran hukum, serta menyampaikan promosi Kampus Universitas Langlangbuana kepada siswa jenjang SMP dan SMA dengan obrolan santai melalui media sosial dan radio RAJA FM. Setelah kegiatan KKNM ini berakhir, diharapkan desa Rancamanyar mampu mewujudkan bisnis indutri kreatif menjadi pilar indutri 4.0 di desa Rancamanayar, terselenggaranya PILKADES dengan aman dan nyaman, terciptanya masyarakat muda yang bermoral dan taat hukum serta menjadi peluang bagi UNLA sebagai salah satu pilihan bagi anak muda dalam melanjutkan studi di perguruan tinggi.</em></p> 2021-12-30T00:00:00+01:00 ##submission.copyrightStatement##