Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Microsoft dan Camtasia Bagi Guru MTs.

  • Agung Cahya Gumilarr Universitas Langlangbuana
  • Eri Subekti Universitas Langlangbuana
  • Moch Rasyid Ridha Universitas Langlangbuana
Keywords: pendampingan, teknologi, microsoft office, camtasia

Abstract

Sistem informasi, komunikasi, dan kemajuan teknologi pada revolusi industri 4.0 berkembang dengan pesat di semua bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia tentu harus peka dan proaktif terhadap segala perubahan yang akan terjadi khususnya dalah hal teknologi. Di revolusi industri 4.0 ini, persaingan sangat ketat dan hanya manusia unggul yang akan mampu beradaptasi dengan segala perubahan saat ini. Sekolah merupakan salah satu tempat dimana terjadi proses edukasi sekaligus penggunaan sistem informasi dan teknologi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 ini. Salah satu implementasinya adalah penggunaan perangkat teknologi dalam proses pembelajaran di kelas. Penggunaan perangkat teknologi informasi dan komputer seperti Microsoft Office dan Camtasia dalam kegiatan belajar dan mengajar menjadi sebuah keharusan agar peserta didik mampu menyerap informasi dengan maksimal dan juga meningkatkan pengalaman belajar dan kreativitas mereka. Penggunaan Microsoft Office dan Camtasia semakin meningkat dengan adanya wabah Covid-19 sejak awal tahun 2020 di Indonesia. Kondisi seperti ini mengharuskan proses pembelajaran dilakukan secara daring (online). Dalam melaksanakan pembelajaran online, guru diharapkan dapat membuat suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Mengingat fakta di lapangan yang membuktikan bahwa kebanyakan siswa merasa bosan ketika mengikuti pembelajaran online, dibutuhkan usaha ekstra dari para guru untuk mengembangkan proses pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dimengerti oleh siswa. Madrasah Tsanawiyah Cahaya Harapan merupakan sekolah swasta di daerah Padalarang yang terus berkembang dengan pendanaan untuk pengembangan infrastruktur maupun sumber daya manusia yang sangat bergantung dari masyarakat, khususnya dari siswa. Karena itu, sekolah ini membutuhkan dorongan dan bantuan dalam upaya meningkatkan kinerja para SDM, terutama guru, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas dalam menjawab tantangan di era revolusi indutri 4.0 ini. Adapun target luaran kegiatan pendampingan bahan ajar berbasis Microsoft Office dan Camtasia ini adalah produk berupa dokumen yang menunjukkan bahwa guru-guru sudah dapat membuat bahan ajar berbasis Microsoft Office dan Camtasia, modul pembelajaran serta publikasi berupa artikel jurnal pada jurnal bereputasi ISSN.

Author Biographies

Agung Cahya Gumilarr, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Eri Subekti, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Moch Rasyid Ridha, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ikhsan, J., Utomo, M. P., Sunarto, E. P., Kristianingrum, S., Abyoga, M. W., Afif, A., & Khaizuron, S. (2014). Upaya Peningkatan Kompetensi TIK Guru Kimia SMA/MA Di Era Digital Melalui Insert-CT (In-Service Training for Chemistry Teachers). In Seminar Nasional LPPM UNY ISBN (pp. 978-979).

Makagiansar, M. (1996, December). Shift in Global paradigma and The Teacher of Tomorrow, 17th. In Convention of the Asean Council of Teachers (ACT) (Vol. 5, No. 8).

Purwanto, M Ngalim. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Surya, H. M. (1998). Peningkatan Profesionalisme Guru Menghadapi Pendidikan Abad ke-21n (I); Organisasi & Profesi. Suara Guru, (7), 15-17.

Rusman, M. P., & Cepi, R. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Yanto, O., Susanto, S., Darusman, Y. M., Wiyono, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Dan Pelatihan E-Litigasi Di Lembaga Bantuan Hukum Unggul Tangerang Selatan Guna Meningkatkan Profesinalisme Dalam Rangka Pendampingan Masyarakat Pencari Keadilan Melalui Aplikasi Komputer. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(2), 1-9.
Published
2021-12-30
How to Cite
Gumilarr, A., Subekti, E., & Ridha, M. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Microsoft dan Camtasia Bagi Guru MTs. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 149-151. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1841