Pendampingan Pembelajaran Seni Kriya dengan Kreativitas Menggunakan Bahan Bekas

  • Ludi Hermawan Universitas Langlangbuana
  • Fugiyar Suherman Universitas Langlangbuana
  • Inne Setyawisudarini Universitas Langlangbuana
Keywords: pembelajaran, seni kriya, kreativitas

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi dengan melihat banyaknya botol plastic bekas yang belum dimanfaatkan dengan baik. Pada dasarnya botol bekas tersebut dapat dimanfaatkan salah satunya dibuat kerajinan dan keterampilan atau dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seni disekolah. Melihat belum optimalnya dalam pemanfaatan bahan bekas untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Jika melihat fenomena yang ada menganai bahan-bahan bekas yang ada disekitar lingkungan salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan botol plastic dibuat kerajinan seni dapat berupa pot atau hiasan ruangan sekolah, dapat digunakan juga sebagai media atau alat dalam pembelajaran seni di sekolah. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah, untuk melakukan pendampingan mengenai kerajinan seni kriya dengan menggunakan bahan bekas kepada guru Sekolah Dasar Negeri Buah Batu Baru 163 Kota Bandung. Metode pelaksanaan dilakukan Survei potensi sekolah untuk menggali dan mengidentifikasi potensi-potensi yang dimiliki sekolah mitra, sehingga dapat ditentukan jenis program kegiatan yang tepat untuk dikembangkan, Sosialisasi kegiatan dilakukan oleh tim PkM dengan pihak mitra dengan tujuan untuk mengomunikasikan kegiatan yang direncanakan kepada guru-guru melalui kepala seolah untuk memperoleh persetujuan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan praktik secara langsung. Para guru dilakukan pendampingan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dalam praktik pembuatan seni kriya dari bahan bekas botol plastic. Hasil dan implikasi dari kegiatan pengabdian agar para guru mampu membuat kerajinan seni kriya dari bahan bekas dijadikan sebagai pot dan hiasan ruangan serta dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran seni.

Author Biographies

Ludi Hermawan, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fugiyar Suherman, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Inne Setyawisudarini, Universitas Langlangbuana

Fakulas Ekonomi dan Bisnis

References

Adit, Albertus. 2020. Manfaat Belajar Seni Kriya bagi Anak, Berikut Contoh Kegiatannya. Artikel diakses 11 Mei 2021 pada https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/28/051100771/manfaat-belajar-seni-kriya-bagi-anak-berikut-contoh-kegiatannya?page=all.

Restanti, Dewi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Seni Kriya Menggunakan Bahan Bekas Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas IV SDN Doropayung 01 Kabupaten Pati. Semarang: Repository Unnes.

Retantoko, Cokro dan Sulbi. 2016. Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Dalam Pembuatan Karya Seni Kriya Kayu Berbentuk Naga Eropa. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 04 Nomor 03 Tahun 2016, 374±380

Rijal, Syamsul. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Seni Kriya Kayu Di SMA Negeri 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Makassar: Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.
Published
2021-12-30
How to Cite
Hermawan, L., Suherman, F., & Setyawisudarini, I. (2021). Pendampingan Pembelajaran Seni Kriya dengan Kreativitas Menggunakan Bahan Bekas. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 113-118. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1838