Pendampingan Literasi Finansial untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar

  • Ria Herdhiana Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Universitas Langlangbuana
  • Nuri Annisa Universitas Langlangbuana
Keywords: literasi keuangan, peserta didik, sekolah dasar

Abstract

Literasi keuangan merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Timbulnya masalah keuangan bukan hanya karena pendapatan rendah semata, tetapi bisa terjadi karena kesalahan dalam pengelolaan keuangan (miss management). Pendidikan literasi keuangan sebaiknya diberikan pada anak pra sekolah dan Sekolah Dasar, yang akan membiasakan anak- anak mampu mengelola keuangan dengan baik baik dan benar dimasa yang akan datang. permasalahan yang dikemukakan di atas, beberapa solusi permasalahan yang telah dilakukan pada pengabdian ini adalah dengan (1) Membuat Modul literasi keuangan untuk peserta didik sekolah dasar, (2) Menyiapkan video pembelajaran pengelolaan keuangan, (3) Memberikan Pendampingan edukasi literasi keuangan kepada guru kelas di sekolah dasar, dan (4) melakukan evaluasi pemahaman literasi keuangan pada peserta didik sekolah dasar. Luaran dari pengabdian ini adalah (1) tersedianya bahan ajar cetak dan non cetak berupa modul yang biasa digunakan oleh guru kelas dalam memberikan pemahaman kepada peserta didiknya tentang literasi keuangan, (2) Video pembelajaran pengelolaan keuangan bagi peserta didik sekolah dasar yang bisa ditayangkan sebagai media pembelajaran, (3) Hasil evaluasi literasi keuangan yang dapat mengukur keberhasilan pemahaman literasi keuangan peserta didik sekolah dasar, dan (4) terbangunnya kerja sama yang baik antara lembaga perguruan tinggi dengan sekolah dasar. Di samping itu luaran pada pengabdian ini adalah publikasi jurnal nasional terakreditasi.

Author Biographies

Ria Herdhiana, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rita Zahara, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nuri Annisa, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Antoro, B. 2017. Gerakan Literasi Seklolah. dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta:Kemendikbud.
\Hartati, T. (2015). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Membangun Kelas Literat dan Kemampuan Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Serantau , 2 (2), hlm. 271-287.

Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2016. Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta: Kemendikbud.

Yunita, A. dkk. (2016). Peran Keluarga dalam Pembinaan Budi Pekerti Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah 1(1),hlm: 1-12.
Published
2021-12-30
How to Cite
Herdhiana, R., Zahara, R., & Annisa, N. (2021). Pendampingan Literasi Finansial untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 119-125. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1820