Peningkatan Komunikasi Merek dan Pemasaran Digital Bagi UMKM

  • Veny Purba Universitas Langlangbuana
  • Firman Alamsyah Taufik Robi Universitas Langlangbuana
  • Taufik Sadikin Universitas Langlangbuana
Keywords: branding, komuniasi, marketing, digital

Abstract

Merek dan pemasaran merupakan kata-kata yang tidak asing lagi bagi pelaku UMKM. Para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya sudah tentu mempunyai merek yang ingin dikenal banyak orang serta produk yang dipasarkan pun ingin terjual banyak. Hal inilah yang menjadi salah satu tujuan utama dari usaha itu sendiri. Merek yang menarik serta pemasaran yang massif menjadi salah satu senjata dalam mengembangkan usaha melalui internet secara digital. Namun masih banyak para pelaku UMKM yang belum memahami tentang strategi dan proses branding produknya secara digital serta bagaimana hal tersebut berdampak pada pemasaran digital..  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode daring dalam dua sesi kegiatan. Pertama kegiatan pelatihan daring kepada mitra pengabdian. Materi dalam pelatihan daring ini merupakan kolaborasi antara UNLA dan DIKSI. Kedua adalah webinar mengenai digital branding dan marketing yang bekerjasama dengan DIKSI, sebuah NGO yang peduli terhadap perkembangan UMKM. Hasil akhir dari kegiatan ini berdasarkan masukan dari mitra dan juga peserta webinar adalah strategi branding dan marketing merupakan strategi awal yang harus dilakukan dalam kegiatan usaha dan pelatihan seperti ini diharapkan dalam dilaksanakan berkelanjutan dan secara luring.

Author Biographies

Veny Purba, Universitas Langlangbuana

Faklutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Firman Alamsyah Taufik Robi, Universitas Langlangbuana

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Taufik Sadikin, Universitas Langlangbuana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Dodwani, B., & Agarwal, S. (Volume-6, Issue–1, 2017). Digital Branding. International Journal of Research and Development -A Management Review (IJRDMR), 31- 36.

Kotler, P., dan K. L., Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ketiga Belas,Terjemahan:Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Lotta Bäck, E. I.-J. 2018. Digital Brand Management: A Company and Consumer Perspective. Arcadia Working Paper, 1-28.

Purwana, Dedi. Rahmi dan Sandi Aditya. (2017). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”, Vol. 1 nomor 1. Universitas Negeri Jakarta.

Putri & Mardalis, A.2017. Analisis Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Brand Attachment(Studi : Universitas Muhammadiyah Surakarta). Solo: Universitas Muhamadiyah Surakarta (https://www.liputan6.com/bisnis/read/4346352/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia-ini-hitungannya).
Published
2021-12-30
How to Cite
Purba, V., Robi, F., & Sadikin, T. (2021). Peningkatan Komunikasi Merek dan Pemasaran Digital Bagi UMKM. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 108-112. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1814