Peningkatan Penghasilan dan Pelayanan Prima Melalui Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Pengemudi Online

  • Davidescu Cristiana Victoria Marta Universitas Langlangbuana
  • Sutiadi Rahmansyah Institut Teknologi Bandung
  • Taufik Sadikin Universitas Langlangbuana
Keywords: gojek, grabbike, ojek online, palayanan prima

Abstract

Kemampuan berbahasa asing tidak hanya menjadi syarat untuk pegawai perusahaan multi- nasional tapi juga pengemudi transportasi online. Contohnya, Gojek yang sekarang ini tengah menggalakkan mahir berbahasa Inggris ke mitra pengemudi. Tim pengabdi Universitas Langlangbuana merancang sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bahasa Inggris bagi para pengemudi online.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini bertujuan agar meningkatkan penghasilan dan pelayanan prima para pengemudi online melalui pengusaan bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan yang dirancang oleh tim pengabdi Universitas Langlangbuana disambut baik dan entusias oleh koordinator pengemudi online dan juga oleh perwakilan pengemudi. Berdasarkan pengamatan dan juga setelah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk para pengemudi online, dapat ditarik simpulan bahwa: telah para pengemudi online telah memahami materi yang telah diberikan dan merasa bahwa pelatihan ini bermanfaat untuk mereka; dan para pengemudi online mendapat buku saku yang dapat mereka gunakan ketika diperlukan

Author Biographies

Davidescu Cristiana Victoria Marta, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruand dan Ilmu Pendidikan

Sutiadi Rahmansyah, Institut Teknologi Bandung

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Taufik Sadikin, Universitas Langlangbuana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Awasthi, A., Chauhan, S. S., Omrani, H., & Panahi, A. (2011). A hybrid approach based on SERVQUAL and fuzzy TOPSIS for evaluating transportation service quality.. Journal of retailing.

Benevolo, C., Dameri, R. P., & D’Auria, B. (2016). Smart mobility in smart city. In Empowering Organizations (pp. 13-28). Springer International Publishing.

Bolton, R. N., & Drew, J. H. (1991). A longitudinal analysis of the impact of service changes on customer attitudes. The Journal of Marketing, 1-9.

Carlson, J., & O’ Cass, A. (2010). Examining the effects of perceived website innovativeness in e-retailing. Australian and New Zealand Marketing Academy (ANZMAC).

Caro, L. M., & Garcia, J. A. M. (2007). Measuring perceived service quality in urgent transport service. Journal of Retailing and Consumer Services, 14(1), 60-72

Duchène, C. (2011). Gender and transport.

Dutzik, T., Inglis, J., & Baxandall, P. (2014). Millennials in motion: Changing travel Habits of young Americans and the implications for public policy.

Farin, N. J., Rimon, M. N. A. A., Momen, S., Uddin, M. S., & Mansoor, N. (2016). A framework for dynamic vehicle pooling and ridesharing system. In Computational Intelligence (IWCI), International Workshop on (pp. 204-208). IEEE..

GO-JEK. (2017). GO-JEK Indonesia. April 12, 2017. https://www.go-jek.com/

Handayani, P. W., Hidayanto, A. N., Sandhyaduhita, P. I., & Ayuningtyas, D. (2015). Strategic hospital services quality analysis in Indonesia. Expert Systems with Applications, 42(6), 3067-3078... 24. Okezone.com (2015). 10 Jasa Transportasi Online di Indonesia, dari Gojek hingga Uber. September 23, 2015. http://economy.okezone.com/read/2015/09/23/320/1219859/10-jasa-transportasi-online-di-indonesia-dari-go-jek-hingga-uber

Wallsten, S. (2015). The competitive effects of the sharing economy: how is Uber changing taxis. Technology Policy Institute, 22.

Watanabe, C., Naveed, K., & Neittaanmäki, P. (2016). Co-evolution of three mega-trends nurtures un-captured GDP–Uber’s ride-sharing revolution. Technology in Society,
Published
2021-12-30
How to Cite
Marta, D., Rahmansyah, S., & Sadikin, T. (2021). Peningkatan Penghasilan dan Pelayanan Prima Melalui Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Pengemudi Online. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 152-158. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1738