Pembuatan Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality Bagi Pendidik Sekolah Dasar di Kota Bandung

  • Rika Widya Sukmana Universitas Langlangbuana
  • Wahyu Purnama sari Universitas Langlangbuana
  • Remandhia Mulcki Unviersitas Presiden
Keywords: Augmented Reality, Pedagogik, Teknologi Informasi, Metode Pembelajaran.

Abstract

Salah satu kompetensi pedagogik guru adalah mengembangkan kurikulum dan merancang pembelajaran. Kemampuan ini menunjukkan bagaimana guru sebagai pendidik dapat menyampaikan materi melalui cara-cara yang bervariasi dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Permasalahan yang dihadapi oleh pendidik di SDN 008 Mohamad Toha adalah (1) ketertarikan peserta didik terhadap Teknologi dan Informasi (TI) cukup tinggi akan tetapi orangtua dan pendidik kurang memanfaatkan ketertarikan tersebut; (2) orangtua dan pendidik mengalami kesulitan dalam memberikan contoh peraga berupa tiga dimensi; dan (3) pendidik kesulitan dalam merancang suatu media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang sudah banyak tersedia, salah satunya Augmented Reality (AR). Adapun solusi dari permasalahan tersebut di atas yaitu (1) memanfaatkan ketertarikan peserta didik terhadap TI dengan menggali pengetahuan mengenai aplikasi pembelajaran yang ada; (2) mengenalkan konsep dasar Augmented Reality sehingga dapat memberikan contoh alat peraga berupa tiga dimensi; dan (3) merancang pembelajaran sederhana menggunakan teknologi AR. Target luaran yang ingin dicapai peningkatan pengetahuan serta keterampilan pendidik SDN 008 Mohamad Toha dalam memanfaatkan TI sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Author Biographies

Rika Widya Sukmana, Universitas Langlangbuana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wahyu Purnama sari, Universitas Langlangbuana

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Remandhia Mulcki, Unviersitas Presiden

Fakultas Komputer

References

Sarjono, Sarjono. "Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Pengawas Pada Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono." Waspada (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) 7.1 (2020): 19-27.
Janawi, Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013.
Rusnandi, Enang, Harun Sujadi, and Eva Febriyani Noer Fauzyah. "Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar." INFOTECH journal 1.2 (2016).
Wardani, Setia. "Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak." Jurnal Dinamika Informatika 5.1 (2015).
Published
2020-12-30
How to Cite
Sukmana, R., sari, W., & Mulcki, R. (2020). Pembuatan Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality Bagi Pendidik Sekolah Dasar di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(2), 179-182. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i2.1680