Pemanfaatan Media Berbagi dalam Jaringan (Daring) untuk Meningkatkan Kinerja Guru SDN 033 Asmi Kota Bandung

  • Irwin Supriadi Universitas Langlangbuana
  • Wahyu Purnama sari Universitas Langlangbuana
Keywords: media berbagi, daring, google, kinerja guru

Abstract

Dalam dunia pendidikan, peran dari seorang guru sangat diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan siswa. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tuntutan kinerja guru di Kota Bandung sekarang ini semakin banyak, mulai dari pengajaran, kegiatan-kegiatan yang menunjang keterampilan guru (pelatihan), serta pendampingan dalam peningkatan keterampilan siswa, membuat beberapa tugas pelaporan tidak dapat dilakukan secara maksimal oleh guru bersangkutan. Dalam perkembangannya, internet sangat banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Manusia dapat mengontrol segala peralatan elektronik yang sudah terhubung dengan internet melalui smartphone (home automation) dari mana saja. Sekolah Dasar Negeri (SDN) 033 ASMI yang berada di Jalan Asmi No. 02 Kota Bandung salah satunya yang mengalami masalah dalam pembuatan laporan tersebut. Laporan yang dibuat dikerjakan di sekolah secara bersama-sama, ketika laporan tersebut tidak selesai, maka akan dilanjutkan kembali esok harinya di tempat yang sama yaitu di sekolah. Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud gratis yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses file secara online. Layanan ini menyinkronkan dokumen, foto, dan lainnya yang tersimpan di semua perangkat pengguna, termasuk perangkat seluler, tablet, dan PC. Google Drive terintegrasi dengan layanan dan sistem perusahaan lainnya, termasuk Google Documents, Gmail, Android, Chrome, YouTube, Google Analytics, dan Google+.

 

 

References

Christianto, V. dan Wiryana, I Made, 2002, Pengantar Manajemen Proyek Berbasis Internet, Elex Media Komputindo: Jakarta.

Darmadi, 2018, Guru Abad 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”, Guepedia: Lampung Tengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, Jakarta.
Published
2020-06-27
How to Cite
Supriadi, I., & sari, W. (2020). Pemanfaatan Media Berbagi dalam Jaringan (Daring) untuk Meningkatkan Kinerja Guru SDN 033 Asmi Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(1), 38-43. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i1.1420