Peningkatan Kemampuan Perdagangan Saham bagi Mahasiswa se-Bandung Raya

  • Mirna Nurwenda Universitas Langlangbuana
  • Dudi Hendaryan Universitas Langlangbuana
  • Dedi Junaedi Universitas Langlangbuana
Keywords: bursa efek, saham, galeri inverstasi

Abstract

Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia sekarang belum memasyarakat. Karena itu perlu pelatihan khusus untuk masyarakat kampus. Peningkatan kemampuan perdagangan saham ini. Pelatihan perdagangan saham yang diharapkan menjadi kegiatan penunjang mata kuliah pasar modal yang ada dalam kurikulum prodi Akuntansi dan prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unla. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia. Kegiatan ini juga mendukung Galeri Investasi yang sudah berjalan. Pelatihan yang diadakan dengan salah satu perusahaan sekuritas, sebagai mitra, adalah pihak yang memiliki lisensi perangkat lunak pelatihan, pihak MNC Sekuritas. Metode ceramah dengan teori dan konsep substansi penting yang harus dikuasai oleh masyarakat tentang saham di pasar modal. Peserta terdiri dari 18 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan mahasiswa Unla. Simulasi perdagangan melalui online pertama diadakan di laboratorium komputer FEB selama dua jam oleh Instruktur dari MNC Sekuritas dan selanjutnya peserta pelatihan dapat menggunakan simulasi ini di masing-masing selama dua bulan. Simulasi ini dibuat untuk mengenalkan masyarakat tentang perdagangan saham di pasar modal sebelum perdagangan nyata. Peserta terdiri dari beberapa peserta perguruan tinggi yaitu Unpas, Polban, Uninus dan STIEM Bandung. Selanjutnya beberapa peserta tertarik untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal yang diadakan oleh Galeri Investasi.

References

Ahmad Manan, 2009, Aspek Hukum dalam Penyelenggaraan Investasi di Pasar Modal Syariah Indonesia, Prenada Media Group, Jakarta.

Investor Saham Pemula, 2017, #YukBelajarSaham untuk Pemula, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Irfan Fahmi, 2017, Pengantar Pasar Modal Panduan bagi para Akademisi dan Praktisi Bisnis dalam Memahami Pasar Modal Indonesia, Alfabeta, Bandung.

Phintraco Sekuritas, 2015, Pelatihan Perdagangan Saham, Educamp, Bandung.

Sihombing, Juniarso, at. Al., 2017, Pelatihan Pasar Modal Menggunakan Analisis Fundamental, Teknikal dan Simulasi Saham SMAN1 Kota Bekasi, jurnal.stietribhakti.ac.id, STIE Tri Bhakti, Bekasi. Diunduh tanggal 2 Pebruari 2020.

Suad Husnan, 2009, Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisi keempat, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Tandelilin, Eduardus, 2001, Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, BPFE UGM, Yogyakarta.
Published
2020-06-27
How to Cite
Nurwenda, M., Hendaryan, D., & Junaedi, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Perdagangan Saham bagi Mahasiswa se-Bandung Raya. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(1), 44-48. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i1.1418