Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Menggunakan e-Commerce dalam Bidang Usaha Ternak Jangkrik sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang menjadi fokus penelitian yaitu membantu memecahkan permasalahan perekonomian yang dihadapi masyarakat di Kampung Barukacang, Desa Karamatwangi, Cisurupan, Kabupaten Garut. Mata pencaharian masyarakat pada umumnya bergerak di sektor pertanian. Keberlangsungan mata pencaharian pada sektor pertanian sangat dipengaruhi oleh musim, modal, dan teknologi yang digunakan. Ketika faktor-faktor tersebut tidak mendukung, para petani menganggur dan mengakibatkan menurunnya sumber penghasilan keluarga. Metode penelitian yang digunakan pada kegiatan PKM yaitu Studi Kasus yang terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu analisis objek mitra, sosialisasi dan identifikasi, praktik dan pendampingan usaha, pembukaan jejaring / mitra dan penjualan serta pemanfaatan E-Commerce sebagai media pemasaran kepada konsumen/agen. Pendampingan perintisan usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat bekerja sama dengan Unit Usaha Masjid (UUM) Al Hikmah dalam mendukung perkembangan ekonomi syariah. Pemberdayaan juga diharapkan dapat meningkatkan peran aktif masyarakat serta berupaya untuk menggali potensi akan sumber daya yang ada dan meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan masyarakat.
References
Nawawi, Hadari., 2012, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta
Praditya, A. A., 2003, Optimalisasi Manajemen Pemeliharaan Jangkrik Kalung pada Masa Pembesaran. Skripsi. Fakultas Peternakan, Bogor, Institut Pertanian Bogor
Soenanto, H., 1999, Kiat Sukses Beternak Jangkrik, Aneka Ilmu, Semarang
Suyanto, M, 2003, Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi Offset, Yogyakarta
Yulianto, Erwin & Heryanto, Hery., 2019, Rancang Bangun Perangkat Lunak E-Commerce Menggunakan Metode Market Basket Analysis, Media Informatika Vol.18 No. 1, pp. 21-42
Yulianto, Erwin & Mauluddin, Amras., 2019, Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Customer (B2C) Pada Industri Garment, Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism, Vol. 18, No. 1, pp. 124-136