Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Media e-Learning di SMK Putra Padjajaran 2 Bandung

  • Bella Annantha Sritumini Universitas Langlangbuana
  • Aisyah Nuraeni Universitas Langlangbuana
Keywords: Learning, E-Learning, Vocational Schools, Learning Evaluation

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi banyak dilibatkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan serta dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi di beberapa sekolah masih berkendala oleh sumber daya, baik manusia atau teknologi, untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan pelatihan penerapan sistem pembelajaran menggunakan media E-Learning di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi yaitu dengan menggunakan aplikasi E-Learning gratis dan memudahkan guru dalam memahami konsep E-Learning secara nyata terutama dalam melakukan pembelajaran dengan mengggunakan media E-learning, sehingga memudahkan dalam evaluasi belajar.

Kegiatan yang direncanakan meliputi (1) persiapan sumber daya yang diperlukan dalam PKM. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning. (2) melaksanakan program dengan model pelatihan antara tim PKM dari UNLA dengan Guru serta Siswa SMK Putra Padjajaran 2 Bandung (3) pelatihan disampaikan materi sambil melakukan praktik materi E-Learning  (4) evaluasi dan pelaporan kegiatan.

References

Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita, (2014), Evaluasi Pembelajaran, Citapustaka Media, Medan.

Goyal, Sumit. (2012). E-Learning: Future of Education. Journal of Education and Learning (EduLearn). 6. 239. 10.11591/edulearn.v6i4.168.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

https://kahoot.com/

https://quizizz.com/
Published
2020-06-27
How to Cite
Sritumini, B., & Nuraeni, A. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Media e-Learning di SMK Putra Padjajaran 2 Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(1), 34-37. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i1.1378