PKM Pemeliharaan Sungai Cijawura

  • Tati Sarihati Universitas Langlangbuana
  • Ero Suhara Universitas Langlangbuana
Keywords: Sungai, Sampah dan Pelatihan

Abstract

Kecamatan Buahbatu Kota Bandung, terbentang sebuah sungai yang bernama Sungai Cijawura sebagai salah satu anak sungai Citarum. Sungai sebagai sebuah Peradaban, pandangan manusia berubah menjadi tidak beradab bagi sungai melainkan sungai menjadi tempat pembuangan sampah raksasa. Hal ini diakibatkan karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai yang berada disekitarnya. Hal tersebut juga terjadi pada sungai Cijawura.

Permasalahan tersebut muncul dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran dan pemahaman dari masyarakat sekitar bantaran sungai cijawura akan pentingnya menjaga sungai agar tetap bersih dari sampah. Pengabdian kepada masyarakat di rasa sangat perlu untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai agar tetap bersih. Kegiatan yang akan dilakukan ialah memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan bahayanya membuang sampah di sungai cijawura serta memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk mengelola sampah agar mendapatkan nilai jual.

Adapun Luaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah (1) Peningkatkat pemahaman dan pengetahuan masyarakat bantaran sungai cijawura mengenai bahaya membuang sampah di sungai. (2) meningkatnya pengetahuan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga sehingga memiliki nilai jual.

References

Amneera, Najib N, Rawdhoh S, Yusof M, dan Ragunathan S. 2012. Water Qualitry Index of Perlis River. International Journal of Civil & Environmental Engineering IJCEE-IJENS Vol:13 No:02

Asdak, C. 2002. Hidrologi dan Pengelolaan daerah Aliran Sungai. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Daud Silalahi, Pengaturan Hukum Sumber Daya Air dan Lingkungan Hidup di Indonesia, Alumni, Bandung, 2003

Emil Salim, 1986, Pembangunan Berwawasan Lingkungan, LP3ES, Jakarta.

Emil Salim, 1986, Pembangunan Berwawasan Lingkungan, LP3ES, Jakarta.

Khabihibi, Achmad, 2013, Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Tingkat Kemiskinan, Surakarta, Skripsi

Sasongko S,dan Sudarno. 2012. Analisis Kualitas Air dan Beban Pencemaran

Otto, Sumarwoto, 2004, Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan, Jambatan, Jakarta.

Tresna Sastrawijaya, Pencemaran Lingkungan, Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

Trie. M, Sunaryo, 2007, Pengelolaan Sumber Daya Air Konsep dan Penerapannya, Bayumedia Publishing, Malang
Published
2020-06-27
How to Cite
Sarihati, T., & Suhara, E. (2020). PKM Pemeliharaan Sungai Cijawura. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(1), 28-33. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i1.1354