Pemberdayaan Masyarakat Desa Bumiwangi dalam Promosi Pengembangan Kawasan Wisata Bukit Cula Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

  • Nantia Rena Dewi Munggaran Universitas Langlangbuana
  • Rodhiyat Fajar Salim Universitas Langlangbuana
Keywords: Desa Bumiwangi, Bukit Cula, PkM Unla

Abstract

Desa Bumiwangi merupakan desa pemekaran yang sebelumnya tergabung ke Desa Ciheulang berada di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Sebagai desa yang relatif masih muda, belum banyak capaian yang diraih oleh desa ini. Karenanya kepala desa mempunyai misi salah satunya untuk menggali  potensi dan  sumber pendapatan baru yang dapat dikembangakan guna meningkatkan pendapatan asli daerah. Salah satu upayanya adalah dengan menjadikan desa yang sebelumnya jarang dikunjungi orang menjadi desa wisata. Pemerintah Desa sudah membuat site plan dan mulai membangun berbagai infrastuktur untuk mewujudkan kawasan Bukit Cula Desa Bumiwangi sebagai kawasan wisata desa. Beberapa kali pula Desa Bumiwangi mengadakan festival seni budaya sebagai daya pikat masyarakat luar untuk berkunjung ke wilayah tersebut, namun gaungnya masih belum terasa dan masyarakat luar masih belum terpapar informasi dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Dari permasalahan tersebut, dibutuhkan publikasi di media massa serta media promosi lainnya. Cara yang dirasa cukup efektif dan tidak memakan biaya yang tinggi adalah dengan pemanfaatan media teknologi komunikasi informasi, seperti mengaktifkan website desa serta menginformasikan desa wisata ini melalui media sosial oleh masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya pelatihan dan pendampingan secara komprehensif bagaimana membina hubungan yang baik dengan media massa (media relations), serta bagaimana cara mendesain pesan yang baik dan membuat liputan kegiatan yang nantinya akan disebarkan melalui media digital yang telah ada. Kegiatan ini menghasilkan 4 liputan di koran online, website resmi desa, serta konten warga tentang bukit cula di media social seperti instagram, youtube, facebook, dan twitter.

References

Iriantara, Y. (2008) Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nervita, S. (2016) Mengoptimalkan Medsos untik Promosi Pariwisata. Available at: https://m.radarbangka.co.id/rubrik/detail/perspektif/13837/mengoptimalkan-medsos-untuk-promosi-pariwisata.html .

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (2012) Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah. Indonesia.
Published
2020-06-27
How to Cite
Munggaran, N. R., & Salim, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Bumiwangi dalam Promosi Pengembangan Kawasan Wisata Bukit Cula Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(1), 6-11. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i1.1351