Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Memanfaatkan Sumber Belajar di Internet Melalui Sosialisasi Edukasi Internet Cerdas, Sehat, dan Aman

  • Candra Zonyfar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sihabudin Sihabudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ahmad Khusaeri Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Media Literasi Internet, Sumber Belajar, Media Pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan salah bidang yang merasakan perkembangan internet. Dunia Pendidikan dituntut untuk selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi internet yang selalu berkembang khususnya dalam proses belajar mengajar.Teknologi informasi sudah mulai digunakan dilembaga pendidikan dalam rangka mendukung proses belajar mengajar baik sebagai media informasi atau sebagai alat pembelajaran. Lembaga Pendidikan berusaha untuk selalu menerapkan sistem teknologi internet di setiap pembelajaran yang berada di lingkungan Pendidikan. Dengan pemanfaatan teknologi, dapat meningkatkan performa, ketercapaian kompetensi dan memahami apa yang dipelajari oleh siswa dengan menggunakan rancangan pembelajaran yang baik dan keatif. Dalam pengabdian ini kami memberikan sosialisasi dan edukasi kepada siswa SMAN 1 Telukjambe mengenai Internet cerdas, sehat dan aman. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan hasil evaluuasi menunjukan 35% dan 60% peserta mengatakan setuju dan sangat setuju secara berturut-turut bahwa sosialisasi ini bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran.

Author Biographies

Candra Zonyfar, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Sihabudin Sihabudin, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ahmad Khusaeri, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Departemen Marketing dan Komunikasi

References

APJII. (2018). Hasil Survei Nasional Profil Perilaku Pengguna Internet 2018. Jakarta: APJII.

Asniati, Suud, S., & Jahada. (2020). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Kenakalan Remaja (Siswa). Bening.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 31-43.

Iskandar, M. A. (2017, Januari 24). Retrieved from Antara News: http://www.antaranews.com/berita/608 608/masyarakat-perlu-edukasi-untukcerdas-berinternet

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia, 94-100.

Mendikbud. (2020). Retrieved from Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah: https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/72228C64D74A1361C108

Novita, I., & Aryani, P. F. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Blog Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Sumber Daya Perempuan Bekerjasama Dengan Yayasan Perempuan, Anak Dan Keluarga (Perak). Proceeding SINTAK.

Rachmijati, C. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Optimalisasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 61-74.

Safitri, J., virgian, d., & Anif, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Pelajar dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Berbasis Internet Sebagai Alternatif Sumber Belajar Melalui Pelatihan dan Sosialisasi "INSAN" (Internet Sehat dan Aman). Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri, 325.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika
Pendidikan, 117 – 133.

SIAP. (n.d.). Retrieved from Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan: http://20217780.siapsekolah.com/sekolah-profil/

Yasir, M., Suarman, & Gusnardi. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Laboor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 77-90.
Published
2019-12-30
Section
Articles