Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Bagi Guru SDN GBI Bojongsoang, Buahbatu, Kabupaten Bandung

  • Imam Jahrudin Priyanto Universitas Langlangbuana
  • Sri Rohartati Universitas Langlangbuana
Keywords: Pelatihan Menulis, Artikel Ilmiah, Jurnal Nasional

Abstract

Guru profesional tentunya harus memiliki berbagai kemampuan. Salah satunya ialah kemampuan menulis karya ilmiah. Dengan menulis karya ilmiah, selain dapat naik pangkat, jabatan, dan golongan sehingga mengalami peningkatan karier, guru juga mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Namun, sayangnya, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru yang belum mampu menulis karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ataupun menjadi pemakalah pendamping pada acara seminar nasional ataupun regional. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini ialah in-service training program yaitu pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SDN Bojongsoang Buahbatu Kabupaten Bandung. Adapun langkah-langkah kegiatan yang ditempuh ialah koordinasi, penyemaian informasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil pengabdian sebelumnya menunjukkan bahwa sebagian besar guru SDN Bojongsoang Buahbatu Kabupaten Bandung belum paham dan belum menguasai teknik penulisan yang sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah. Selain itu, peserta juga menjelaskan bahwa kesulitan mendasar yang banyak dialami dalam menyusun artikel ialah merasa sulit saat mengawali penelitian, karena pada dasarnya pengabdian ini akan dijadikan bahan penyusunan artikel. Kesulitan itu berawal dari tidak adanya ide yang akan dituangkan dalam penelitian. Ide tidak muncul karena kegiatan membaca dan menulis belum menjadi kebiasaan.

Author Biographies

Imam Jahrudin Priyanto, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Rohartati, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Budiharso, Teguh. 2006. Panduan Lengkap Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gala Ilmu. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Nopembri, Soni. 2011. ”Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Pendidikan Jasmani
SMA/SMK se-Kabupaten Bantul”. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia : https://mafiadoc.com/laporan-program-pengabdian-pada- masyarakat-_5a2898fa1723dd23a098af18.html. Diakses pada 7 April 2019.

Santoso, Soegeng. 2007. ”Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah”. Universitas Negeri Jakarta. Makalah disampaikan pada Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Dosen-dosen PPSD FIP UNY.

Sudjana, Nana dan Ulung Laksana. 2004. Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wahyuningtyas, Neni. 2018. ”Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal bagi Guru- guru IPS Kabupaten Malang”. Jurnal Praksis dan Edukasi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Vol.1, No.1.
Published
2019-12-30
Section
Articles