SI KEBIJAKAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TERPADU PERPUSTAKAAN DI BAPUSIPDA JAWA BARAT

  • Dodi Soleh
  • Ero Suhara
Keywords: Implementasi Kebijakan, Kualitas Pelayanan Perpustakaan Keliling

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnyakualitas
Pelayanan Perpustakaan Keliling yang dilaksanakan oleh Badan Perpustakaan dan
Kearsipan Provinsi Daerah Jawa Barat, dari penelitian pendahuluan masih
rendahnyakualitas Pelayanan Perpustakaan Keliling dipengaruhi oleh variabel
Implementasi Kebijakan.
Analisis masalah penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori
Implementasi Kebijakan dari Edward III dalam Winarno (2008:125-155), berdasarkan
faktor-faktor Implementasi Kebijakan melalui : Komunikasi (communication), Sumber
daya (resources), Dukungan/Sikap (disposition or attitude), Struktur Birokrasi
(bureaucratic structure). Adapun untuk variabel Kualitas Pelayanan mengguanakan
pendekatan teori Parasuraman dalam Gaspertsz (2005:37) melalui tangible (berwujud),
reliability (keandalan), responciveness (tanggungjawab), assurance (jaminan) dan emphaty
(perhatian).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatif
(explanatory survai method) sedangkan sumber pengumpulan datadengan menggunakan
studi kepustakaan dan studi lapangan dengan teknik pengumpulan data mempergunakan
angket, observasi, dan wawancara. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah
sampel random sederhana (Simple Random Sampling). Adapun teknik analisa data yang
digunakan adalah Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yang
menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan pengaruh Implementasi
Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Tentang Perpustakaan
Keliling di Kota Bandung) Dengan demikian hipotesis yang diajukan di dalam penelitian
ini teruji secara empirik.

Published
2019-06-17