PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kualitas pelayanan
administrasi kependudukan dan catatan sipil pada Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)
Timur. Analisis masalah penelitian dilakukan dengan menggunakan teori Implementasi
KebijakanEdward III dalam Winarno (2008 : 210),, berdasarkan factor-faktor
implementasi kebijakan melalui dimensi Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi/Sikap
Pelaksana dan Strktur Birokrasi. Adapun untuk variabel kualitas pelayanandigunakan
pendekatan teori dari Parasurahman, Zeithaml dan Berry yang dkutip Tjiptono (2007:133)
yakni Keandalan (Realibility),; Keresponsifan (Responsiveness), Keyakinan (Confidence),
Empati (Empathy dan Berwujud (Tangibles). Metode dalam penelitian ini adalah metode
survey eksplanatif (explanatory survai method) sedangkan sumber pengumpulan data
dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi : angket,
observasi, dan wawancara. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampel
random sederhana (Simple Random Sampling). Adapun teknik analisa data yang digunakan
adalah analisis regresi liniear.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yang
menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara implementsi kebijakan
terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan
Catatan Sipil di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Dengan demikian hipotesis
yang diajukan di dalam penelitian ini teruji secara empirik.