IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF (STUDI TENTANG INDUSTRI KULINER DI KOTA BANDUNG)

  • Rieka Rahma Alawiyah Universitas Langlangbuana
  • Arnia Fajarwati Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya kebijakan pengembangan ekonomi kreatif (studi tentang industri kuliner di Kota Bandung). Untuk menganalisis masalah penelitian ini digunakakan pendekatan teori implementasi kebijakan dari George C. Edward III dalam (Subarsono, 2011: 90-92) yang terdiri dari 4 dimensi yang mempengaruhi implementasi kebijakan anatara lain: Komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yang diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah aparat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dan para Pelaku ekonomi kreatif/ masyarakat. Berdasarkan hasil analisis dan uji keabsahan data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa implementasi kebijakan pengembangan ekonomi kreatif belum maksimal

Published
2024-05-07