KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI KABUPATEN BANDUNG

  • Budi Kurniadi Universitas Langlangbuana
  • Novianty Ayu Rubiandini Universitas Langlangbuana

Abstract

Masalah dalam penelitian ini kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung belum optimal, Tujuan penelitian untuk menganalisis bagaimana kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan melalui dimensi : bukti bukti fisik,  kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung dalam pelaksanaan belum sesuai dengan Keputusan Bupati Bandung Nomor 470/160/2019 Tentang Penetapan Standar Pelayanan di Lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung. Terdapat hambatan diantaranya masih belum idealnya SDM petugas pelayanan akta kelahiran , kurangnya sarana dan prasarana seperti komputer dan printer untuk pencetakan, kurangnya daya tanggap petugas dalam melayani masyarakat, serta ketepatan waktu yang belum sesuai dengan standar operating procedure sehingga pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung masih perlu meningkatkan kualitas pelayanan demi kenyamanan masyarakat. Untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelayanan akta kelahiran ialah Peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur guna menunjang keberhasilan pelaksanaan keseluruhan proses penyelenggaraan pelayanan pendaftaran pencatatan sipil khusunya pelayanan akta kelahiran, diantaranya dengan menambah sumber daya manusia dan melakukan Bimtek kepada pegawai dilingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung serta Evaluasi setiap bulan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Sarana dan prasarana pelayanan yang sesuai dengan standar Ombudsman RI (ORI) di lingkungan DISDUKCAPIL Kabupaten Bandung , Penataan kembali sistem aplikasi penyelenggaraan pelayanan SAKEDAP secara berkala, diantaranya dengan melakukan up grade system aplikasi

Published
2024-05-07