KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN NOMOR INDUK BERUSAHA PERDAGANGAN MIKRO

  • Sigit Rifki Fauzi Universitas Langlangbuana
  • Arnia Fajarwati Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha menggunakan sistem administrasi OSS, berdasarkan Peraturan Pemerintah No 05 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sehingga peneliti ini mengumpulkan informasi dari berbagai sumber data, serta menggunakan partisipan sebagai pelengkap. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan prosedur atau langkah-langkah analisis data menurut Creswell, sementara validitas dan reabilitas dilakukan dengan cara triangulasi. Berdasarkan pengamatan, hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pembuatan surat izin berusaha dengan menggunakan sistem OSS sudah berjalan dengan baik, adapula kekurangannya adalah kurangnya sosialisasi terhadap semua kalangan masyarakat terutama para pelaku usaha yang membutuhkan Nomor Induk Berusaha. Sementara itu juga terdapat kesesuaian antara kualitas pelayanan perizinan berusaha dengan teori Parasuaraman dalam Lupiyoadi, bahwa kualitas pelayanan dipengaruhi oleh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty.

Published
2024-05-06