PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM KEWIRAUSAHAAN PADA GENERASI MILLENIAL
Abstract
Media sosial sebagai media baru dalam berinteraksi dan bersosialisasi memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap berbagai aspek kehidupan baik positif atau negatif. Salah satu aspek positif dari media sosial adalah mampu digunakan untuk promosi dan penjualan bagi pelaku usaha mikro dan usaha kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua informan adalah pelaku usaha pengguna media sosial, dan merasa bahwa media sosial telah menunjang usahanya, terutama untuk promosi dan penjualan. Materi/topik yang menjadi perhatian informan di media sosial antara lain: informasi ekonomi, sosial, agama, budaya dan hiburan. Sebagai generasi millenialyang sekaligus pelaku usaha sudah tentu selain berjualan secara olnine pernah juga melakukan pembelian secarta online. Untuk menghindari dampak negatif dari media sosial, diharapkan pelaku usaha mampu memanfatkan keuntungan dari media sosial serta bisa membatasi diri terhadap dampak negatifnya.