Analisis Pengaruh Faktor-faktor Nilai Hijau (Green Values) Terhadap Minat Beli Masyarakat di Kota Bandung

  • Annisa Agnes Magfira Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Indrawati Indrawati Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: nilai konsumsi hijau, kepercayaan hijau, sikap merek hijau, minat beli

Abstract

Kesadaran masyarakat saat ini akan pentingnya menjaga lingkungan sangat tinggi, terlihat dari kekhawatiran masyarakat melihat kerusakan alam yang saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor nilai hijau (green values) tehadap minat beli masyarakat di Kota Bandung. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, peneliti menggunakan responden sebanyak 400 responden yang berdomisili di Kota Bandung. Adapun pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software Smart PLS 2.0. Berdasarkan pada hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa penilaian responden terhadap variabel Green Consumption Values, Green Trust, Green Attitude dan minat beli menunjukan nilai yang tinggi, dapat diindikasikan bahwa persepsi responden bagus pada variabel tersebut. Sedangkan berdasarkan pada evaluasi pengaruh variabel Green Consumption Values terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Green Trust dan Green Attitude. Sedangkan untuk variabel Green Trust dan Green Attitude terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka perusahaan perlu menciptakan produk yang digunakan sehari-hari bernilai ramah ligkungan supaya masyarakat terbiasa mengkonsumsi produk yang bernilai ramah lingkungan.

Published
2017-08-07
How to Cite
Magfira, A., & Indrawati, I. (2017). Analisis Pengaruh Faktor-faktor Nilai Hijau (Green Values) Terhadap Minat Beli Masyarakat di Kota Bandung. SOSIOHUMANITAS, 19(2). https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v19i2.99
Section
Articles