Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keterampilan menulis merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki siswa namun dianggap sebagai salah satu keterampilan yang kurang menarik bagi siswa. Di samping itu keterampilan menulis dianggap sebagai salah satu keterampilan yang paling sulit dan sangat membosankan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media big book. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest- postest nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui tes yang terdiri dari pretest dan posttest kemampuan siswa dalam membaca dan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini berpengaruh terhadap kemampuan literasi siswa khususnya keterampilan menulis. Berdasarkan penemuan tersebut sebaiknya metode ini digunakan dalam materi dan pelajaran lain dengan alokasi waktu yang lebih lama.