Analisis Bullwhip Effect pada Rantai Pasok Batik Kalistania Solo

  • Nissa Rawindadefi Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University
  • Ratih Hendayani Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University
Keywords: Bullwhip Effect, Rantai Pasok, Manajemen Rantai Pasok

Abstract

Batik Kalistania adalah salah satu penghasil batik cap yang berdomisili di Laweyan, Solo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan Bullwhip Effect di Batik Kalistania. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan Judgement Sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dengan wawancara terstruktur dengan Batik Kalistania menunjukkan bahwa variabel Bullwhip Effect seperti Demand Forecasting, Lead Time, Order Batching, Supply Shortage, dan Price Fluctuation merupakan penyebab Bullwhip Effect terjadi di perusahaan ini.

Published
2015-08-03
How to Cite
Rawindadefi, N., & Hendayani, R. (2015). Analisis Bullwhip Effect pada Rantai Pasok Batik Kalistania Solo. SOSIOHUMANITAS, 17(2). https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v17i2.79
Section
Articles