Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Creative Problem Solving (CPS)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Creative Problem Solving di kelas VIII - A SMP Negeri 3 Soreang. Subjek dalam pene litian ini adalah seluruh siswa kelas VIII - A SMP Negeri 3 Soreang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus pertama terdiri atas 5 kali pertemuan dan siklus kedua 5 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam pene litian ini adalah observasi, angket dan tes . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII - A SMP Negeri 3 Soreang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan oleh sebanyak 32 siswa atau 96 ,77% mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan skor total aspek kemampuan berpikir kritis matematis. Persentase rata - rata nilai tes mengalami peningkatan dari 53,71% pada siklus I menjadi 68,39% pada siklus II dan dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving sudah baik dan sesuai dengan karakteristik nya . Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata - rata keterlaksanaan dari 83,33% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika kaitannya dengan kemampuan berpikir kritis ma tematis, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.