Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Yang Berlatarbelakang Siswa SMK pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor - faktor yang menyebabkan kesulitan belajar materi kuliah Kapita Selekta Matematika pada mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan metoda analisis deskriptif dengan subjek sebanyak 6 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis , wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa terletak pada (1) pengetahuan faktual, yang terdiri dari mengingat fakta, memahami fakta, mengevaluasi fakta, dan meneliti fakta, (2) pengetahuan konsept ual, yang terdiri dari mengingat konsep, memahami konsep, menerapkan konsep, dan meneliti konsep, (3) pengetahuan prosedural, yang terdiri dari menerapkan prosedur, menganalisis prosedur, dan mengevaluasi prosedur, dan (4) pengetahuan metakognitif, yaitu m engevaluasi metakognitif. Sedangkan berdasarkan hasil analisis terhadap angket, diperoleh bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar mahasiswa adalah disebabkan oleh faktor kesehatan panca indra, dan disebabkan oleh latar belakang materi yang diajarkan di SMK.