Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Yang Berlatarbelakang Siswa SMK pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika

  • Iwan Gunawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Langlangbuana
  • Elly Retnaningrum Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Langlangbuana
Keywords: Analisis Kesulitan Belajar, Matematika, Faktor Penyebab Kesulitan, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor - faktor yang menyebabkan  kesulitan belajar  materi kuliah Kapita Selekta Matematika pada mahasiswa yang  berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini  menggunakan metoda analisis deskriptif dengan subjek sebanyak 6 mahasiswa.  Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis , wawancara dan angket. Berdasarkan  hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa terletak pada (1)  pengetahuan faktual, yang terdiri dari mengingat fakta, memahami fakta,  mengevaluasi fakta, dan meneliti fakta, (2) pengetahuan konsept ual, yang terdiri dari  mengingat konsep, memahami konsep, menerapkan konsep, dan meneliti konsep, (3)  pengetahuan prosedural, yang terdiri dari menerapkan prosedur, menganalisis  prosedur, dan mengevaluasi prosedur, dan (4) pengetahuan metakognitif, yaitu  m engevaluasi metakognitif. Sedangkan berdasarkan hasil analisis terhadap angket,  diperoleh bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar mahasiswa adalah  disebabkan oleh faktor kesehatan panca indra, dan disebabkan oleh latar belakang  materi yang diajarkan di SMK.

Published
2016-03-07
How to Cite
Gunawan, I., & Retnaningrum, E. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Yang Berlatarbelakang Siswa SMK pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika. SOSIOHUMANITAS, 18(1). https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v18i1.58
Section
Articles