Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying

Pada Konsumen Miniso Kota Bandung

  • Fildzah Qisthina Arifah Prodi S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
  • Marheni Eka Saputri Prodi S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
Keywords: Floor Merchandising, Impulse Buying, In-Store Form, Promotional Signage, Visual merchandising, Window Display

Abstract

Salah satu strategi visual Miniso adalah “ Golden Display ” yaitu tampilan pintu masuk  (tiga rak teratas Miniso). Selain memperhatikan tam pilan visual, Miniso juga berusaha  memahami perilaku konsumen dan salah satu perilaku  konsumen yang sering terjadi pada  gerai ritel adalah  impulse buying , dimana sebanyak 60% pelanggan Miniso Kota Bandung merupakan  impulse buyer . Maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh  visual  merchandising  terhadap  impulse buying  pada konsumen Miniso Kota Bandung. Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan men ganalisis  visual merchandising  di  Miniso Kota Bandung,  impulse buying  di Miniso Kota Bandung, pengaruh  visual  merchandising  terhadap  impulse buying  di Miniso Kota Bandung secara parsial, dan  pengaruh  visual merchandising  terhadap  impulse buying  di Miniso Kota Bandung secara  simultan .  Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang dilakuka n, diketahui  visual  merchandising  dan  impulse buying  toko Miniso Kota Bandung berada pada kategori baik .  Hasil penelitian parsial yang telah dilakukan, vari abel  visual merchandising  (window  display) memiliki hubungan signifikan terhadap  impulse buying . Sedangkan variabel  visual merchandising  (in-store form, floor merchandising,  dan  promotional signage)  memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap  impulse buying . Variabel  visual  merchandising  (window display in-store form, floor merchandising,  dan  promotional  signage) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signif ikan terhadap  impulse  buying , dengan persentase pengaruh sebesar 19% sedangkan  sisanya 81% dipengaruhi  oleh variabel lain seperti pelayanan yang ramah, ka ryawan yang cepat tanggap, produk- produk yang kualitasnya dijamin baik dengan harga y ang terjangkau dan lain sebagainya.

Published
2018-03-05
How to Cite
Arifah, F., & Saputri, M. (2018). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying. SOSIOHUMANITAS, 20(1). https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v20i1.52
Section
Articles