Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Menggunakan Teknologi Informasi
Studi Kasus: Pt. Mitra Adiperkasa, Tbk
Abstract
Kemajuan teknologi mendorong segala sektor bisnis d i Indonesia untuk terus berinovasi salah satunya adalah sektor bisnis ritel. Munculnya bisnis–bisnis ritel baru ( startup ) yang berbasiskan teknologi informasi dapat menjadi suatu ancaman bagi perusahaan ritel konvensional seperti PT. Mitra Adiperkasa, Tbk atau yang biasa disebut dengan disruption. Hal tersebut menjadi dorongan bagi perusahaan untuk mengembangkan sektor bisnisnya. Teknologi informasi yang digunakan perus ahaan adalah e-commerce. Perusahaan meluncurkan situs penjualan online bernama MAP EMALL pada awal tahun 2016 dan pada pertengahan tahun yang sama perusahaa n sudah mendapatkan manfaat positif yaitu terjadinya peningkatan laba. Peneliti an ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan perbedaan profitabilitas yang d itimbulkan oleh penerapan teknologi informasi. Berdasarkan peningkatan laba, penelitian ini dikaitkan dengan rasio profitabilitas perusahaan yang diantara nya adalah NPM, ROI, dan ROE. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuang an dari tahun 2014 hingga tahun 2017. Periode Maret 2016 ditetapkan sebagai periode pisah batas karena pada periode tersebut perusahaan mulai menerapkan teknologi info rmasi. Pengujian data yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji hipotesis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan profitabilita s setelah penerapan teknologi informasi dilihat dari ketiga aspek yaitu NPM, ROI, dan ROE. Perusahaan mendapatkan manfaat positif dari penerapan teknologi informasi. Tetapi, dilihat dari hasil uji beda perbedaan profitabilitas sebelum dan sesudah penera pan teknologi informasi dinilai kurang signifikan.