Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kepedulian Sosial Mahasiswa

Studi Kasus Penerapan Tridharma Perguruan Tinggi di Universitas Langlangbuana Bandung

  • R. Anggoro Rahardjo Harry Anwar Universitas Langlangbuana
Keywords: Perguruan Tinggi, Kepedulian Sosial, Penerapan Tridharma

Abstract

Perguruan    tinggi    merasa    perlu    memperbaiki    sistem    pe ndidikan    dengan  memasukkan   kegiatan   pendidikan   karakter,   terutama   k arakter   peduli   sosial   dalam  pelaksanaan  kegiatan  bidang  pengabdian  masyarakat  y ang  mengajarkan  kebiasaan  cara  berpikir   dan   berperilaku   sehingga   mereka   mampu   hidu p   dan   bekerjasama   dengan  keluarga,  masyarakat,  bangsa  dan  negara,  serta  memb antu  mereka  dalam  membuat  keputusan  yang  tepat.  Tujuan  dilakukannya  penelitia n  ini  yaitu:  1)  untuk  mengetahui  pengembangan  kepedulian  sosial  melalui  pendidikan  k arakter  pada  Bidang  Pengabdian  Masyarakat  yang  dilakukan  oleh  Universitas  Langlang buana,  dan  2)  untuk  menemukan  upaya pengembangan kepedulian sosial di Universitas  Langlangbuana Bandung.  Metode  penelitian  yang  digunakan  termasuk  pada  pene litian  kualitatif,  dengan  desain  deskriptif  analitis  dan  pendekatan  fenomenol ogi.  Informan  penelitian  ini  adalah  ketua  lembaga  pengabdian  pengabdian  masyarakat,  uns ur-unsur  pendukung  pendidikan,  BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), dan DPM (Dewan Per wakilan Mahasiswa). Teknik  pengumpulan data menggunakan metode wawancara menda lam, observasi, dokumentasi.  Observasi tak berstruktur yang berkembang selama pe nelitian berupa field note.   Hasil  penelitian  ditemukan  bahwa  pengembangan  keped ulian  sosial  melalui  pendidikan   karakter   pada   Bidang   Pengabdian   Masyarak at   yang   dilakukan   oleh  Universitas  Langlangbuana  melalui  kegiatan  kemahasi swaan  dengan  menggunakan  cara  pembiasaan dan keteladanan. Cara pembiasaan dilaksa nakan dengan menciptakan budaya  peduli    di    lingkungan    Universitas    Langlangbuana    deng an    selalu    mendorong  mahasiswanya   untuk   terlibat   aktif   dalam   setiap   kegi atan   bidang   pemberdayaan  masyarakat   yang   diselenggarakan   universitas.   Peran  dosen   sebagai   teladan   bagi  mahasiswa,  maka  oleh  Universitas  Langlangbuana  mene mpatkan  dosen  yang  memiliki  karakter sebagai tenaga pelaksana  dalam membimbing,   menuntun dan mengawasi  setiap  kegiatan   yang   dilakukan.   Upaya   pengembangan   kepedul ian   sosial   di   Universitas  Langlangbuana  Bandung  dilakukan  dengan:  1)  Menentuk an  dosen  yang  berkarakter,  2)  Universitas  mendukung  penuh  setiap  kegiatan  berkait an  dengan  bidang  pengabdian  masyarakat,   baik   dalam   pembiayaan   maupun   pengadaan  sarana   dan   prasarana  pendukung, 3) Peningkatan kerjasama dengan instansi -instansi terkait dengan kegiatan di  bidang pengabdian masyarakat, dan 4) Lembaga, insti tusi, dosen dan mahasiswa

Published
2018-03-05
How to Cite
Harry Anwar, R. A. R. (2018). Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kepedulian Sosial Mahasiswa. SOSIOHUMANITAS, 20(1). https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v20i1.45
Section
Articles