PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MALEER KECAMATAN BATUNUNGGAL KOTA BANDUNG

  • Emi Rachmawati Universitas Langlangbuana

Abstract

Persoalan sampah di Kota Bandung selalu menjadi sorotan berbagai pihak. Julukan Kota Kembang berubah menjadi “kota terkotor”. termasuk Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Kelurahan Maleer belum memiliki sistem layanan pengelolaan sampah terpadu dengan layanan penyediaan fasilitas penampungan/TPS serta sarana pengangkutan sampah. Berdasarkan isu permasalahan yang muncul, maka Pemerintah Kota Bandung  telah mengeluarkan instruksi Walikota Bandung No. 002 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Besarnya Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap Efektivitas Program Pengelolaan Sampah Berbasis Rumah Tangga di Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung.

Analisis masalah penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori Implementasi Kebijakan dari Edward III dalam Winarno, (2014: 125-127), berdasarkan faktor-faktor Komunikasi, Sumber-sumber, Sikap Pelaksana (kecenderungan-kecenderungan sikap perilaku) dan Struktur Birokrasi. Adapun untuk variabel Efektifitas peneliti mengacu pada pendekatan teori sebagaimana dikemukakan Duncan dalam Steers (1985:53) yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi dan Adaptasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari implementasi kebijakan pemerintah daerah terhadap efektivitas pengelolaan sampah berbasis rumah tangga di kota Bandung.

Published
2020-08-31
How to Cite
Rachmawati, E. (2020). PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MALEER KECAMATAN BATUNUNGGAL KOTA BANDUNG. SOSIOHUMANITAS, 22(2), 126-131. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i2.1573
Section
Articles