KAJIAN PRAKTIS NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY) DAN CARA MUDAH MEMBUAT TABEL PVIF, FVIF, PVIVA, dan FVIFA, SEBAGAI SALAH SATU PERTIMBANGAN DALAM KEPUTUSAN MANAJEMEN KEUANGAN

  • Tokit Masditok Universitas Langlangbuana

Abstract

Salah satu pertimbangan penting dalam keputusan manajemen keuangan adalah time value of money, yang merupakan pertimbangan atas perubahan nilai uang seiring dengan waktu berjalan, sebagai akibat dari adanya faktor bunga.

 

Tulisan ini bersifat praktis, yang diharapkan dapat membantu kegiatan belajar mengajar, khususnya bagi para mahasiswa dalam menyusun tabel time value of money¸ yang terdiri dari ; Nilai Sekarang Faktor Bunga (NSFB) atau Present Value Interest Factor (PVIF), Nilai Akhir Faktor Bunga (NAFB) atau Future Value Interest Factor (FVIF), Nilai Sekarang Faktor Bunga Anuitas (NAFBA) atau Present Value Interest Factor of Annuity (PVIFA), dan Nilai Akhir Faktor Bunga Anuitas (NAFBA) atau Future Value Interest Factor of Annuity (FVIFA), dan dapat disajikan pada BAB selanjutnya.

 

Sehingga mahasiswa tidak hanya tergantung kepada lampiran tabel yang pada umumnya ada pada halaman akhir setiap buku manajemen keuangan, namun dapat menyusun sendiri tabel time value yang dibutuhkan.

Published
2020-03-31
How to Cite
Masditok, T. (2020). KAJIAN PRAKTIS NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY) DAN CARA MUDAH MEMBUAT TABEL PVIF, FVIF, PVIVA, dan FVIFA, SEBAGAI SALAH SATU PERTIMBANGAN DALAM KEPUTUSAN MANAJEMEN KEUANGAN. SOSIOHUMANITAS, 22(1), 94-101. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i1.1543
Section
Articles