STRATEGI MARKET DRIVEN DAN MARKET DRIVING

  • Dudi Haryadi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis konsep-konsep, definisi-definisi, model-model penelitian, dan pengembangan model dari market driven dan market driving strategy dari beberapa literatur yang telah diimplementasikan pada berbagai perusahaan di dunia dalam rangka mencapai keunggulan bersaing. Permasalahan yang timbul yaitu masih terbatasnya kajian konseptual market driving strategy yang dilakukan oleh para ahli sehingga konsep orientasi pasar masih didominasi oleh pendekatan konsep market driven strategy. Pendekatannya dengan melakukan studi literaturĀ  yang mengulas konsep maket driven dan market driving. Artikel ini memaparkan keunggulan konsep market driving yang berbeda dengan market driven dan juga mencoba untuk menguraikan titik kesamaan dan perbedaan konseptual dari market driven dan market driving. Kemudian dijelaskan alasan-alasan perusahaan melakukan strategi market driving dan bagaimana pengembangan ideĀ  market driving di dalam tataran praktis. Secara akademis artikel ini 1) berguna untuk pengembangan model konseptual dalam arah penelitian dan wacana penelitian yang dikembangkan; 2) dapat memperjelas perbedaan konsep market driven dengan market driving; 3) membandingkan berbagai keunggulan dan kelemahan konseptual market driven dengan market driving; 4) memberikan pemahaman dan pengertian mendalam tentang konsepsi market driving dan market driven, mengapa dapat menyebabkan peningkatan kinerja organisasi. Bagi para praktisi, 1) menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan manajemen; 2) menjadi panduan dalam pengembangan model strategi yang berorientasi pasar; 3) dapat digunakan untuk menyusun langkah-langkah secara praktis dan taktis dalam formulasi strategi menghadapi perubahan lingkungan yang selalu berubah. Fokus model pemasaran konseptual yang dikembangkan, adalah membuat formulasi agar perusahaan dapat memiliki keunggulan bersaing dalam menghadapi lingkungan yang terus berubah

Published
2020-03-31
How to Cite
Haryadi, D. (2020). STRATEGI MARKET DRIVEN DAN MARKET DRIVING. SOSIOHUMANITAS, 22(1), 36-47. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i1.1532
Section
Articles