Faktor-Faktor Pemasaran Hijau yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen (Studi Pada Hotel Novotel Bandung)

  • Nadya Afradila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Indrawati Indrawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Ekuitas pelanggan, hotel hijau, pemasaran hijau, manajemen perhotelan, preferensi tamu hotel

Abstract

Saat ini isu lingkungan hidup merupakan permasalahan yang serius menyangkut kehidupan manusia. Konsekuensi dari hal tersebut membuat masyarakat, organisasi, maupun perusahaan harus meningkatkan tanggung jawab terhadap lingkungan yaitu dengan membangun strategi yang dapat menjamin kelangsungan lingkungan hidup, seperti menerapkan strategi pemasaran hijau. Pemasaran hijau telah banyak diterapkan oleh beberapa industri salah satunya pada industri perhotelan, banyak hotel yang mengembangkan strategi pemasaran hijau untuk memenuhi permintaan konsumen yang sadar lingkungan. Novotel Bandung merupakan satu-satunya hotel di kota Bandung yang telah menerapkan strategi pemasaran hijau, program pemasaran hijau yang dilakukannya bernama program PLANET21. Dimana pada program tersebut menggerakkan perusahaan untuk bertanggung jawab kepada lingkungan. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor – faktor pemasaran hijau yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada hotel Novotel Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumalah 400 responden yang merupakan pelanggan hotel Novotel Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan google form.

Published
2018-12-17
How to Cite
Afradila, N., & Indrawati, I. (2018). Faktor-Faktor Pemasaran Hijau yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen (Studi Pada Hotel Novotel Bandung). SOSIOHUMANITAS, 20(2), 79 - 86. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v20i2.116
Section
Articles