EKSPLORASI PEMIMPIN OPINI UNTUK ALTERNATIF PENDUKUNG PEMASARAN PT. NET MEDIATAMA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ANALISIS JEJARING SOSIAL DI TWITTER
Abstract
Pertumbuhan pesat teknologi di era globalisasi mengakibatkan pertukaran informasi tidak hanya terjadi pada dunia nyata. Internet telah menjadi kebutuhan pokok dalam menyebarkan informasi. Pertumbuhan penguna internet meningkatkan jumlah data yang beredar di seluruh dunia. Data interaksi yang pada media sosial dapat digunakan untuk melihat bagaimana suatu hal diperbincangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan aktor yang paling berperan dalam jaringan PT. Net Mediatama Indonesia di media sosial Twitter. Penelitian ini memanfaatkan sejumlah besar data yang diambil dari Twitter melalui Application Programming Interface. Data tersebut diteliti dengan pendekatan analisis jejaring sosial. Visualisasi dan perhitungan dilakukan menggunakan software Gephi. Aktor penting ditentukan berdasarkan degree centrality, closeness centrality, dan betweenness centrality. Pemain kunci dalam jaringan NET yaitu @chuuattac sehingga akun tersebut merupakan pemimpin opini yang pendapatnya didengarkan, dipercaya, dan membuat aktor lain bereaksi. Akun tersebut dapat digunakan sebagai alternatif pendukung pemasaran dalam mengkampanyekan produk dan menyebarkan informasi NET dengan lebih cepat dan tepat sasaran.