SOCIAL NETWORK ANALYSIS PADA INTERAKSI SOSIAL TWITTER MENGENAI OPERATOR TELEKOMUNIKASI SELULER DI INDONESIA

(STUDI PADA TELKOMSEL DAN INDOSAT OOREDOO)

  • Puput Hari Sanjani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Andry Alamsyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Social Network Analysis, User Generated Content, Social Media

Abstract

Era internet ditandai dengan pesatnya perkembangan sosial media. User Generated Content (UGC) pada sosial media memungkinkan tersedianya sumber data yang melimpah untuk pengetahuan bisnis. Sistem open source
Twitter mengizinkan pengambilan data melalui API secara bebas. Data yang berbentuk interaksi sosial dapat dimodelkan menjadi jaringan sosial. Social Network Analysis (SNA) dapat digunakan sebagai alat untuk
mengetahui struktur jaringan sosial yang terbentuk mengenai topik atau brand tertentu. Penelitian ini menghasilkan perbandingan jaringan sosial yang terbentuk mengenai dua operator telekomunikasi seluler di Indonesia yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

Published
2019-08-20
How to Cite
Sanjani, P., & Alamsyah, A. (2019). SOCIAL NETWORK ANALYSIS PADA INTERAKSI SOSIAL TWITTER MENGENAI OPERATOR TELEKOMUNIKASI SELULER DI INDONESIA. SOSIOHUMANITAS, 21(1), 70-72. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v21i1.1001
Section
Articles