SOCIAL NETWORK ANALYSIS UNTUK ANALISA INTERAKSI USER DI MEDIA SOSIAL MENGENAI BISNIS E-COMMERCE

(STUDI KASUS: LAZADA, TOKOPEDIA DAN ELEVENIA)

  • Made Kevin Bratawisnu Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
  • Andry Alamsyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: User Generated Content, Social Network Analysis, Pemeran Kunci, Properti Jaringan, e-commerce

Abstract

Bisnis e-commerce memerlukan promosi dalam memperkenalkan produk yang dimilikinya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media sosial. Terdapat banyak informasi yang disediakan di media sosial, salah
satunya adalah User Generated Content (UGC). UGC adalah jejak rekam user di media sosial yang dapat dilihat oleh user lainnya. Diperlukan analisis media sosial untuk melihat pola interaksi antara perusahaan dengan
pelanggannya dari UGC yang banyak tersebar di media sosial. Hal ini dapat dijadikan insight bagi perusahaan dalam membantu pemasaran produk di media sosial. Metode yang digunakan dalam menganalisis pola interaksi dari UGC yang ada di media sosial adalah Social Network Analysis (SNA). Pemodelan jaringan sosial dapat membantu bisnis e-commerce untuk memahami pola interaksi yang terjadi di media sosial.. Hasil temuan dalam penelitian memperlihatkan bahwa jaringan sosial yang lebih unggul adalah jaringan sosial interaksi mengenai Lazada. Penelitian juga memperlihatkan pemeran kunci bagi masing-masing e-commerce.

Published
2019-08-20
How to Cite
Bratawisnu, M., & Alamsyah, A. (2019). SOCIAL NETWORK ANALYSIS UNTUK ANALISA INTERAKSI USER DI MEDIA SOSIAL MENGENAI BISNIS E-COMMERCE. SOSIOHUMANITAS, 21(1), 63-69. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v21i1.1000
Section
Articles