KAPASITAS SDM TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Nabire)

  • Theresia Ordaidina Ukago Universitas Langlangbuana
Keywords: Kapasitas SDM, Kinerja Pegawai, Aset Daerah

Abstract

Suatu kantor mengharapkan pegawai untuk bersedia dan mampu bekerja secara giat, tetapi juga harus memiliki kapasitas sumber daya manusia yang mampu, trampil dan kecakapan yang baik untuk mencapai tujuan organisasi. Pegawai yang kinerjanya baik, maka perilakunya diarahkan dalam bentuk bekerja dan semangat kerja tinggi, memanfaaatkan kemampuan dan keterampilannya seoptimal mungkin, hingga diperoleh suatu kinerja yang baik.

Penilaian kinerja atau penilaian prestasi kerja juga mutak dilakukan untuk melihat sejauh mana kapasitas sumber daya manusia, pemberian fasilitas kerja, serta kenyamanan lingkungan kerja kepada pegawai tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui memperoleh gambaran yang mendalam dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja, dan pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai. Penelitian ini mengunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan teknik random sampling, dimana jumlah pegawai Kantor Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten  (BPKAD) Nabire yang berjumlah 60 orang pegawai dan diambil secara acak menjadi 52 orang pegawai yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini.

Tehnik pengumpulan data mengunakan kuesioner. Tehnik analisis mengunakan analisis jalur dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kapasitas Sumber Daya Manusia, Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Kinerja Pegawai. Berdasarkan hasil uji t (parsial ) dan hasil uji F (Simultan) menujukan bahwa Kapasitas Sumber Daya Manusia, Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja memiliki pengaruh yang signifikan dan positif, dimana lingkungan kerja memiliki pengaruh yang lebih besar di bandingkan  Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Fasilitas Kerja. Hal ini mejelaskan bahwa apabila Lingkugan Kerja dijaga dan didukung pula dengan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Fasilitas Kerja yang baik maka akan mampu meningkatkan Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten  (BPKAD) Nabire.

 

Kata Kunci : Kapasitas Sumber Daya Manusia  Kinerja Pegawai

Published
2021-02-01