PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks SRI-Kehati Tahun 2013-2017)

  • dyanti Kastamutuwardhani Prodi MBTI, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Khairunnisa Khairunnisa Prodi S1 Akuntansi, Universitas Telkom
Keywords: pengungkapan CSR, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan yang terdaftar di Indeks SRI-Kehati tahun 2013-2017 baik secara simultan maupun parsial agar perusahaan mampu mendapatkan citra yang baik  dari pandangan stakeholders. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keberlanjutan perusahaan yang dikeluarkan pada periode 2013-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji-F, Uji-T dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan CSR. Secara parsial, Proftabilitas dan Leverage memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan nilai signifikansi 0,043 dan 0,017. Nilai koefisien determinasi (R2) dari model regresi adalah  0,335 atau 33,5%. Nilai tersebut berarti bahwa 33,5% Pengungkapan CSR dapat dijelaskan oleh Profitabilitas (X1), Leverage (X2) dan Ukuran Perusahaan (X3). Sedangkan sisanya yaitu 65,5% dijelaskan oleh sebab atau faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, maka perusahaan disarankan dapat meningkatakan profitabilitas perusahaan dan memeprhatikan hutang perusahaan.  Selain itu perusahaan dapat menafaatkan laba perusahaan dengan menambah pengungkapan pada indikator GRI G4. Sehingga perusahaan dapat mendapatkan citra yang baik dari masyarakat.

Published
2019-08-07