PENGARUH DESENTRALISASI DAN KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PT. NIKKATSU ELECTRIC WORK

  • Desi Nurida Utami Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana
  • Muhdi Muhdi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana
Keywords: Desentralisasi, Sistem Informasi Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajerial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh desentralisasi dan karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial. Populasi dalam penelitian ini karyawan dan manajer PT. Nikkatsu Electric Work. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden karyawan dan manajer. Data penelitian merupakan data primer dan metode  pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Desentralisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial dan 2) Karakteristik sistem informasi akuntansi  manajemen berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial.

References

Hansen, R., danMowen, M.M. 2009.Accounting Managerial.Jakarta : Salemba Empat.
Kusrini dan Koniyo, A. 2007a. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SGL Server. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Noor, Juliansyah. 2017. Metode Penelitian (cetakan kesebelas). Bogor : Ghalia Indonesia.
Putra, Edisah. 2015. “Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Organisasi dengan Tingkat Desentralisasi sebagai Variabel Moderating”.Jurnal Riset Akuntansi.
Senduk, M.J., dan Ilat, V. 2017. “Pengaruh Desentralisasi, Strategi Bisnis dan Pemanfaatan Informasi Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial”. Jurnal Riset Akuntansi.
Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.
Solechan, A., dan Setiawati, I. 2009. “Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen dan Desentralisasi sebagai variabel moderating terhadap Kinerja Manajerial”.
Suwandi. 2015. Desentralisasi Fiskal. Yogyakarta : CV Budi Utama. Swarjana, Ketut. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Published
2018-12-31