PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INTI BUMI PERKASA

  • Annisa Hakim Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana
Keywords: Sistem Pengendalian Manajemen, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sistem pengendalian manajemen dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer/kepala divisi dan staff karyawan PT. Inti Bumi Perkasa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden seluruh karyawan, data penelitian merupakan data primer dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan penaksiran Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem pengendalian manajemen berpengaruh terhadap kinerja karyawan 2) Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Hair JF, Hult GTM, Ringle CM, Sarstedt M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelin (PLS-SEM). Los Angeles: Sage.
Pasolong, Harbani. 2015. Kepemimpinan Birokras. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Suadi, Arief. 2001. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, Edy. 2000. Sistem Pengnedalian Manajemen Suatu pendekatan Praktis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Astini, Ni Kadek, Ni Luh Gede Erni Sulindawati, Ni Kadek Sinarwati. 2014. Pengaruh Akuntabilitas Publik, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial SKPD Di Kabupaten Klungkung. Volume 2 No: 1 Tahun 2014.
Cahyono, Dwi, Evi Lestari, dan Syarifudin Yusuf. Pengaruh Moderasi Sistem Pengendalian Manajemen dan Inovasi Terhadap Kinerja. Unhas Makassar 26-28 Juli 2007. AMKP-04.
Hartono, Winastyo Febrianto dan Jopie Jorie Rotinsulu. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi dan Pembagian Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Prima Inti Cita Rasa Manado. ISSN 2303-1174. Vol. 3 No. 2.
Haryono, Prisuda Nur. 2016. Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Pada Bank Perkreditan Rakyat Karangmalang Sragen.
Pentania, Maria, Rahman Kadir, dan Sudirman Natsir. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di RSUD Mimika Provinsi Papua Tahun 2013. ISSN 2252-5416. Vol.4 No. 1.
Restini, Ni Luh, Ni Kadek Sinarwati, dan Anantawikrama Tungga Atmadja. 2015. Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Dalam Strategic Supply Realtionship Dengan Kerjasama Sebagai Variabel
Published
2018-12-31