PENGARUH KONFLIK PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Pada PSTNT Batan Bandung)

  • Rezki Aditya Kurniawan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana
Keywords: konflik peran auditor internal, ketidakjelasan peran auditor internal, kinerja auditor internal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh konflik peran dan ketidakjelasan peran terhadap kinerja auditor internal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari konflik peran dan ketidakjelasan peran terhadap kinerja auditor internal pada PSTNT Batan di kota Bandung . Dalam menjalankan tugas dan fungsinya auditor internal selalu dihadapkan pada konflik-konflik. Hal tersebut dikarenakan para auditor internal adalah pegawai yang sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa auditee yang mereka periksa
adalah sejawat mereka sendiri. Konflik peran dan ketidakjelasan peran yang dialami oleh auditor internal dapat menyebabkan adanya tekanan-tekanan yang pada akhirnya akan berpengaruh negatif terhadap kinerja auditor dalam menyelesaikan pekerjaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data dilakukan menyebarkan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa analisis regresi linier dengan menggunakan software SPSS.

References

Lubis, I.A. 2010. Akuntansi Keprilakuan. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Fanani, Z., Hanif, A.H., Subroto, B. 2008. “Pengaruh Struktur Audit, Konflik Perandan Ketidakjelasan Peran terhadap Kinerja Auditor”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 5(2). 139-155.
Kreitner, R., Kinicki, A. 2010. Organizational Behavior. New York: McGraw- Hill.
Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press. Mangkunegara, P.A.A.A. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Cetakan Kelima. Bandung: PT Refika Aditama.
Agustina, Lidya, 2009. “Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor”. Jurnal Akuntansi.Vol. 1(1), 40-49.
Fanani, Z., Hanif, A.H., Subroto, B. 2008. “Pengaruh Struktur Audit, Konflik Peran dan Ketidakjelasan Peran terhadap Kinerja Auditor”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 5(2). 139-155.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti. dan Hidayat, S. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju
Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Published
2018-09-29