MEDIA SOSIAL DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LIFESTYLE (Survei pada konsumen produk perawatan dan kecantikan di www.shopee.co.id)

Program Studi Magister Manajemen

  • Wulandari .
Keywords: Media Sosial, Kepercayaan Konsumen, Impulse buying, Lifestyle

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media sosial, kepercayaan konsumen dan impulse buying yang diterapkan oleh toko online produk perawatan kecantikan dapat memberikan dampak terhadap lifestyle. Serta untuk mengetahui berapa besar dampak media sosial terhadap impulse buying, dampak kepercayaan konsumen dampak impulse buying, serta dampak impulse buying terhadap lifestyle. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebas (X) yaitu media sosial dan kepercayaan konsumen, variabel moderating (Y) yaitu impulse buying sedangkan variabel terikat (Z) yaitu lifestyle.

Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan menggunakan konsumen sebagai responden sebanyak 120 orang untuk pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Untuk mengolah data, penulis menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan Smart PLS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial berada pada kategori baik, kepercayaan konsumen berada pada kategori baik, impulse buying berada pada kategori baik, lifestyle berada pada kategori baik. Hasil Uji-T menunjukkan bahwa media sosial berdampak terhadap impulse buying, kepercayaan konsumen berdampak terhadap impulse buying, dan impulse buying berdampak terhadap lifestyle.

 

Published
2022-07-01