KONSTRUKSI MAKNA FILM HARRY POTTER DALAM PERUBAHAN KOGNISI REMAJA (STUDI SEMIOTIKA KOMUNIKASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 DI BANDUNG

  • Weni Anggraini Universitas Langlang Buana
  • Lusy Mukhlisiana Universitas Langlang Buana
Keywords: penyihir, mitos

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontruksi makna film Harry Potter dalam
perubahan kognisi remaja. Studi komunikasi pada siswa sekolah menengah kejuruan Negeri
5 di bandung. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dan penedekatan
penelitian studi wawancara mendalam. Subjek penelitian nya adalah Siswa sekolah
menengah kejuruan. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan
pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh
melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi Literature lainya, serta
wawancara dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukan bahwa semiotika bermanfaat untuk mengetahui makna -makna yang terkandung dalam film Harry Potter disini tanda dimaknai secara denotasi dan
konotasi tanpa mengesampingkan mitos yang ada. Film ini juga memiliki tanda seperti tanda
pendidikan, moral, dan persahabatan dan lain-lain. Mitos seperti ada nya ungkapan hati yang
putih berarti menandakan bersihnya hati dari iri dan dengki. Perubahan dalam kognisi remaja
setelah menonton film Harry Potter termotivasi kisah persahabatan Harry Pot ter dan
membuat kreativitas anak menjadi meningkat.

Published
2019-06-25