KEGIATAN KOMUNIKASI PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN MEMBELI PRODUK (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF EXTERNAL PUBLIC RELATIONS PADA KONSUMEN DI PUJASERA LIPPO CIKARANG )

  • Nuranna Chairul Umam Universitas Langlang Buana
  • Rodhiyat Fajar Salim Universitas Langlang Buana
Keywords: Kualitatif external, Komunikasi Pedagang Kaki Lima, Minat Konsumen

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma
penelitian konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi deskriptif kualitatif external.
Subyek penelitiannya adalah para konsumen di Pujasera Lippo Cikarang. Proses
pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses yang terjadi dalam kegiatan
komunikasi pedagang kaki lima seperti konsumen melihat spanduk, mencium aroma produk
dan pedagang yang menginformasikan mengen ai produk. Cara dalam kegiatan komunikasi
pedagang kaki lima dengan memilih lokasi yang strategis, dan menggunakan spanduk
sebagai simbol identitas produk. Komunikasi yang dipakai dengan menawarkan produk, dan
memberitahukan informasi mengenai produk. Perlunya menerapkan kegiatan komunikasi
pedagang kaki lima agar produk yang dijual dapat habis terjual dan mendapatkan
keuntungan.
Kesimpulannya pada kegiatan komunikasi pedagang kaki lima sangat perlu
menerapkan komunikasi yang baik melalui proses komunikasi yang dilakukan dengan
menggunakan cara berkomunikasi sehingga mencapai tujuan dari kegiatan komunikasi
pedagang kaki lima dalam menarik minat konsumen membeli produk. Dalam penelitian ini
direkomendasikan kepada para pedagang kaki lima untuk menggunakan n omor pada setiap
meja agar tidak terjadi kesalahan dalam mengantarkan produk kepada konsumen.

Published
2019-06-25