POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK (STUDI INTERAKSI SIMBOLIK PADA KELUARGA DI BANDUNG)
Abstract
Peran keluarga menjadi pengaruh penting dalam pembentukan karakter anak, salah
satu input pendidikan bagi anak adalah cara komunikasi keluarga pada putra-putrinya. Fokus
penelitian adalah pola komunikasi keluarga dalam perkembangan emosi anak. Fokus
penelitian adalah pola komunikasi keluarga dalam perkembangan emosi anak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi orangtua kepada anak, peran
keluarga dalam mendidik anak, dan kecerdasan emosi anak dibentuk.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma
konstruktivisme, sehingga studi yang digunakan adalah interaksi simbolik. Subjek penelitian
ini adalah keluarga di Bandu ng. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam,
sedangkan observasi terlibat, dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literatur
lainnya digunakan sebagai data penunjang.
Penelitian ini menunjukkan bahwa tiap keluarga dan orangtua memiliki v ersi yang
berbeda-beda dalam berkomunikasi dengan anaknya. Keluarga merupakan forum
pendidikan yang pertama bagi anak. Orangtua menjadi role model anak, juga sebagai alat
control terhadap putra -putrinya, dimana ada sebuah proses memilah, menilai, mengimbangi.
Perlakuan orangtua yang matang secara akademis, non akademis, dan emosional penting
dalam tumbuh kembang emosi, tingkah laku, dan aktualisasi diri anak terutama dalam
membentuk kepribadian dan kecerdasan emosinya.