STRATEGI PROMOSI JASA FOTOGRAFI DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN MELALUI INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA VEXIA PICTURES)
Abstract
Fokus penelitian adalah “Bagaimana Strategi Promosi Jasa Fotografi Dalam
Menarik Minat Konsumen Melalui Instagram?“ (Studi Kasus Pada Vexia Pictures).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Promosi Jasa Fotografi Vexia Pictures
melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan teori AIDA Elmo Lewis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian
studi kasus. Subyek penelitiannya adalah para karyawan Vexia Pictures yang masih aktif
dalam pengelolaan jasa fotografi tersebut. Proses pengumpulan data diperoleh melalui
wawancara mendalam dan observasi terlibat, sedangkan untuk data penunjang diperoleh
melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literatur lainnya, serta
wawancara dengan pihak terkait .
Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial merupakan salah satu media
promosi yang lebih efektif daripada media -media lainnya, salah satu nya yaitu media sosial
Instagram yang juga mendukung penggunanya untuk mempromosikan produk atau jasa nya
dengan fitur akun bisnis produk ataupun jasa. Dengan adanya fitur tersebut Vexia Pictures
yang bergerak dalam bidang jasa fotografi memanfaatkan fitur-fitur Instagram khususnya
dalam hal promosi kepada para calon konsumen di Instagram. Penerapan teori AIDA
merupakan pedoman yang di gunakan banyak perusahaan khususnya Vexia Pictures.
Dengan mengikuti tahapan teori AIDA perusahaan tersebut dapat memiliki strategi
khususnya dalam mempromosikan merk Vexia Pictures tersebut di Instagram dengan
tahapan yang bisa jelaskan seperti menarik Perhatian kepada para pengguna Instagram,
menarik Ketertarikannya, menarik Keinginan atau Minat, yang berujung melakukan Aksi
yaitu membeli jasa yang di tawarkan oleh Vexia Pictures.