POLA KOMUNIKASI DALAM BENTUK FANATISME DI MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA PENGIKUT AKUN @AIS_BDG DI BANDUNG)

  • Dian Nurdiansyah Universitas Langlang Buana
  • Rannie Dyah Khatamisari Rachaju Universitas Langlang Buana
  • Dina Alamianti Universitas Langlang Buana
Keywords: Interaktivitas, Media Sosial, Fanatisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Dalam Bentuk
Fanatisme Pengikut Akun Twitter @AIS_BDG Di Media Sosial Twitter. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme,
dan pendekatan pe nelitian studi etnografi virtual. Objek penelitian adalah pengikut akun
twitter @AIS_BDG yang ditentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan peneliti
dengan tujuan tertentu. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam
dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh
melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literatur lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komunikasi di media sosial twitter
pengikut akun @AIS_BD G melakukan pola komunikasi sirkular dimana interaktivitas
dilakukan oleh mereka. Perilaku komunikasi fanatisme yang ditunjukkan adalah dengan
mencari informasi, berkomentar dan berdiskusi, maupun membagikan ulang informasi.
Selain menunjukkan perilaku fanatisme di media sosial mereka juga menunjukkan perilaku
fanatisme di dunia nyata dengan mengikuti kegiatan komunitas AIS Bandung.

Published
2019-06-25