STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK SEPEDA MOTOR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA KEPADA MASYARAKAT OLEH PT. DAYA ADICIPTA MUSTIKA BANDUNG)

  • Fachmi Herdiansyah Universitas Langlang Buana
  • Dina Alamianti Universitas Langlang Buana
Keywords: Strategi pemasaran, Produk, Sepeda Motor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Periklanan, Hubungan Masyarakat,
Penjualan Personal, Promosi Penjualan produk sepeda motor Honda kepada masyarakat oleh
PT. Daya Adicipta Mustika.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paragdigma penelitian
konstruktivisme, dan studi deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah konsumen
produk sepeda motor Honda yang ditentukan secara purposif. Proses pengumpulan data
diperoleh melalui wawancara dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan
untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan
studi literature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait.

Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Daya Adicipta Mustika melakukan Stra tegi promosi
dengan menggunakan Promotion mix yang mengkomunikasikan produk secara persuasif.
Dengan menggunakan media periklanan diwilayah Jawa Barat, media cetak, media elektronik,
media luar ruang dan media sosial mampu memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat
pengguna sepeda motor Honda. Namun diperlukan evaluasi mengenai strategi promotion mix
yang telah dilakukan, guna mempertahankan konsumen serta dapat meningkatkan hasil yang
diinginkan.

Published
2019-06-25