KOMUNIKASI PARIWISATA PANGANDARAN DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF WEBSITE BIRO PERJALANAN MYPANGANDARAN)

  • Syaeful Akbar Universitas Langlang Buana
Keywords: Komunikasi Pariwisata, Minat Wisatawan, Biro Perjalanan, Objek Wisata

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai tanggapan informan terhadap interaktivitas
komunikasi pariwisata melalui Website Biro PerjalananMypangandaran, kehadiran sosial
Komunikasi pariwisata melalui Website Biro Perjalanandan kekayaan media komunikasi
pa riwisata melalui Website Biro PerjalananMypangandaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dengan menggunakan pendekatan
kualitatif metode deskriptif (descriptive reaserch). Informan dalam penelitian ini merupakan
bagian dari penelitian guna memperoleh data informasi. Informan dalam penelitian ini
adalah sebanyak 6 (enam)orang yang mengetahui informasi dari Website Biro Perjalanan
myPangandaran yang berkunjung ke Pantai Panagndaran. proses pengumpulan data
diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dala m mempromosikan pariwisata yang ada di
Pangandaran, salah satu kemajuan teknologi yang digunakan dalam mempromosikan
pariwisata Pangandaran adalah web. Melalui web resmi dari situs myPangandaran bisa
membuat masyarakat lokal dan internasional mengetahui potensi Pangandaran yangbelum
diketahui secara luas dan dapat dengan mudah dalam mengakses informasi.Website
Mypangandaran dinilai sudah cukup lengkap namun kekurangan yang terdapat pada
signifi kansi we bsite MyPangandaran adalah informasi yang disajikan pada konten-konten
pariwisata dinilai masih kurang lengkap dan mendetail, kemudian kurangnya sos ia lisasi
pada masyarakat mengenai website myPangandaran membuat tidak semua masyarakat
mengetaliui tentang website myPangandaran sehingga dampak positif website
myPangandaran belum dirasakan secara maksimal dan menyeluruh.

Published
2019-06-25